PKK Lingga Libatkan FPIK IPB University Bogor Dalam Kembangkan Potensi Rumput Laut

Pinterest LinkedIn Tumblr +

LINGGATERKINI.COM – Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Lingga Maratusholiha M. Nizar bersamaPlt. Kepala Dinas Perikanan Kabupaten Lingga Sutarman melakukan kunjungan ke Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan (FPIK) IPB University di Dramaga Bogor.

Kunjungan tersebut sebagai bentuk berkonsultasi mengenai pemanfaatan potensi perikanan di Kabupaten Lingga khususnya rumput laut.

Ketua TP PKK Lingga Maratusholiha mengatakan, potensi rumput laut di Kabupaten Lingga yang cukup besar sementara pemanfaatannya masih minim dan pengolahannya masih sangat tradisional.

“Maka pada tahun ini PKK Kabupaten Lingga bersama Dinas Perikanan Kabupaten Lingga bekerja sama dengan FPIK IPB akan melaksanakan kegiatan pelatihan pengolahan rumput laut menjadi produk non-pangan berupa bahan kosmetik seperti krim wajah, lotion, masker peel off (black mask), dan scrub,” jelasnya

Pelatihan tersebut bertujuan untuk meningkatkan kapasitas masyarakat pesisir dalam pengolahan rumput laut.

“Saat ini kita coba berikan kepada masyarakat keterampilan mengolah rumput laut.  Berikutnya akan kita berikan keterampilan memanajemen bisnisnya,” ungkapnya

Sementara itu, Dekan FPIK IPB University Fredinan Yulianda, mengatakan, secara umum sudah familiar dengan wilayah laut Kabupaten Lingga karena sekitar 15 tahun yang lalu pernah terlibat dalam proyek pengumpulan data perairan laut di Kabupaten Lingga.

“Kita berpandangan bahwa cukup banyak potensi laut Kabupaten Lingga yang dapat dikembangkan, salah satunya ecotourisme,” kata Fredinan

Ditambahkan, Wakil Dekan FPIK IPB Bidang Sumber Daya, Kerja Sama dan Pengembangan Mala Nurilamala menambahkan bahwa pihaknya membuka diri untuk bekerja sama dengan siapapun.

“Karena FPIK IPB memiliki sumber daya tenaga ahli dan teknologi,” ujarnya

Menurutnya, rencana kerja sama antara FPIK IPB dan Dinas Perikanan Kabupaten Lingga pada tahun ini dapat menjadi entry point untuk kerja sama yang lebih intensif pada masa-masa berikutnya.

“Dengan pertimbangan bahwa pengembangan potensi perikanan suatu daerah harus terintegrasi dari hulu ke hilir, mencakup banyak aspek dan banyak produk,” jelasnya (Wn)

Share.

Leave A Reply