Pemkab Lingga Sidak Toko Dan Pasar Cek Harga Sembako

Pinterest LinkedIn Tumblr +

LINGGATERKINI.COM – Pemerintah Kabupaten Lingga melakukan inspeksi mendadak atau sidak ke toko dan pasar tradisional di Kecamatan Singkep, Kabupaten Lingga.

Sidak Kali ini di fokuskan kepada kebutuhan pokok yakni beras yang harganya pada beberapa pekan terakhir ini mengalami kenaikan yang cukup signifikan.

Meski mengalami kenaikan namun pasokan beras masih cukup untuk satu bulan ke depan. Dari hasil sidak yang dilakukan kenaikan mulai dari 1.000 hingga 1.500 perkilogramnya.

Namun Demikian harga di pasar Dabo Singkep ini masih stabil, kenaikan harga beras ini disebabkan faktor badai el-nino yang berdampak kekeringan sehingga para petani mengalami gagal panen.

Kasubag Perekonomian Kabupaten Lingga Ardianpia mengatakan, bahwa untuk komoditi harga di pasar dabo singkep ada beberapa yang mengalami kenaikan dan penurunan.

“Kita ada 50 komoditi yang dilakukan survei seperti beras, gula, minyak, cabe dan barang sembako lainnya,” kata Ardianpia, Selasa (26/9/2023)

Dijelaskannya bahwa, untuk harga sendiri ada beberapa yang mengalami kenaikan dan penurunan.

“Namun tidak begitu signifikan seperti beras karena berdasarkan harga nasional meningkat. Nanti harga yang berada di Kecamatan Singkep akan dibandingkan dengan kecamatan lain seperti Lingga, Senayang dan Lingga Timur, dalam waktu lima hari,” ujarnya

Diketahui sembako yang didatangkan ke Kabupaten Lingga kebanyakan dari Provinsi Jambi, Kota Batam dan Tanjungpinang dan untuk proses pengirim saat ini masih berjalan lancar baik menggunakan kapal kayu maupun kapal roro. (Wn)

Share.

Leave A Reply