TPP Kementerian Desa Melalukan Rapat Koordinasi Bersama Bupati Lingga 

Pinterest LinkedIn Tumblr +

LINGGATERKINI.COM – Tim tenaga pendamping profesional atau TPP Kementerian Desa Kabupaten Lingga melaksanakan rapat koordinasi dengan Bupati Lingga, Senin (23/10/2023)

Kordinator tenaga pendamping profesional Kementerian Desa Kabupaten Lingga, M. Sidik mengatakan, bahwa, rakor tersebut terkait pembahasan dana desa tahun 2023.

“Dimana total dana Desa Kabupaten Lingga sebesar Rp62 .364.878.031. Serta tambahan dana tahun 2023 di APBDES Perubahan Rp2.234.272.000, dengan total jumlah pendamping sebanyak 38 orang,” kata Sidik

Dijelaskannya bahwa, index desa membangun lingga sudah tidak ada desa sangat tertinggal untuk tahun 2023.

“Dimana saat ini terdiri, 1 Desa Mandiri, 15 Desa Maju, dan 59 Desa berkembang. Sehingga untuk index desa tertinggal sudah tidak ada di tahun 2023,” jelasnya

Dikatannya, penangan stunting di setia desa perlu di lakukan integrasi semua OPD.

“Agar penangananya lebih efisien,” ujarnya

Selain itu, sinkronisasi perencanaan desa tahun 2024 dengan perencanaan daerah agar tidak terjadi tumpang tindih.

“Maka akan di lakukan rapat koordinasi bersama antara Desa, BPD, Camat, Dinas PMD, inspektorat, dan bapeda untuk membahas evaluasi kegiatan tahun2023 dan perencanaan tahun 2024,” bebernya.

Sementara itu, Bupati Lingga M. Nizar meminta agar pendamping Desa untuk mendampingi Desa mulai dari tahapan perencanaan Desa, penganggaran, penatausahaan, dan pelaporan.

“Harapan kita agar dari pendamping Desa adanya sinkronisasi OPD dengan TPP di Kabupaten Lingga. Serta nanti kedepannya program kegiatan di desa bisa sejalan dengan visi-misi bupati lingga,” ungkapnya (Wn)

Share.

Leave A Reply