Petugas Pantarlih di Lingga Selesai Melaksanakan Pencoklitan 

Pinterest LinkedIn Tumblr +

LINGGATERKINI.COM – Komisi Pemilihan Umum atau KPU Lingga memastikan proses pencocokan dan penelitian (coklit) data pemilih Pilkada 2024 sudah 100 persen selesai.

Proses coklit data pemilih Pilkada Lingga 2024 ini dilakukan oleh 299 Petugas Pemutakhiran Data Pemilih (Pantarlih) sejak 24 Juni dengan masa kerja hingga 24 Juli 2024 mendatang.

Dalam capaian 100 persen ini, ada 75.143 pemilih Pilkada yang dilakukan coklit sesuai Data Hasil Sinkronisasi (DHS) dari DP4 oleh Kemendagri yang telah disandingkan dengan DPT pada Pemilu 2024 kemarin.

Ketua KPU Lingga Ardhi Aulia mengatakan, pencoklitan sudah 100 persen terverifikasi yang mana petugas pantarlih hanya menyelesaikan pencocokan data pemilih selama 22 hari.

“Tentu ada pergerakan data baik yang sudah keluar dari Kabupaten Lingga atau pun yang masuk ke Kabupaten Lingga,” katanya, Rabu (17/7/2024).

Dijelaskannya, selain itu ada seribu lebih pemilih sejak februari 2024 kemarin sampai 27 November 2024 nanti yang berusia 17 tahun atau sudah layak menjadi pemilih. 

“Semuanya akan terakumulasi pada kesempatan penyusunan DPS pada Agustus 2024 mendatang,” ujarnya.

Ia berharap masyarakat dapat terus aktif menyampaikan kepada petugas apabila ada masyarakat yang rumahnya belum di datangi oleh pantarlih atau belum di tempel stiker agar segera menyampaikan ke PPS terdekat.

“Sehingga nanti bisa dilakukan pencoklitan sehingga tidak ada pemilih yang tertinggal atau tidak dapat kesempatan untuk masuk ke dalam data pemilih,” imbuhnya. (Wn)

Share.

Leave A Reply