Puskesmas Dabo Lama Rapat Lintas Sektor Bahas Persiapan Pekan Imunisasi Nasional Polio

Pinterest LinkedIn Tumblr +

 

LINGGATERKINI.COM – UPT Puskesmas Dabo Lama melaksanakan rapat lintas sektor mengenai Kejadian Luar Biasa terkait virus polio yang tengah marah saat ini terjadi di Indonesia.

Untuk itu, Dinkes Lingga melalui Puskesmas Dabo Lama akan menggelar Pekan Imunisasi Nasional atau PIN Polio yang dilaksanakan secara serentak seluruh Indonesia pada 23-29 Juli 2024 untuk putaran pertama.

Dan untuk putaran kedua akan dilaksanakan pada tanggal 6-12 Agustus 2024.

Diadakan PIN Polio seluruh Indonesia sebab sejak tahun 2022 lalu ada kejadian luar biasa di Kabupaten Pidi (Aceh) ada tiga anak yang terkena virus polio dan di tahun 2023 ada di wilayah Jawa Barat dan Jawa Tengah, serta tahun 2024 sada di dataran papua.

Kepala UPT Puskesmas Dabo Lama dr. Hesti Ningrum mengatakan, ketika ada satu Kasus virus polio itu bisa disebut sebagai kejadian luar biasa.

“Maka Kemenkes RI mengadakan PIN polio secara serentak dan Kepri termasuk yang beresiko tinggi,” katanya, Selasa (16/7/2024).

Dengan adanya pin polio diharapkan anak-anak di Indonesia tidak ada lagi yang terkena virus polio.

“Semoga dengan adanya PIN Polio ini anak-anak di seluruh Indonesia tidak ada lagi yang terinfeksi virus polio,” ujarnya.

Untuk kasus virus Polio di Kabupaten Lingga tidak ada, meski tidak ada namun Kepri termasuk yang memiliki resiko tinggi, untuk itu perlu pencegahan dengan mengikuti PIN Polio bagi anak usia 0-7 tahun 11 bulan 29 hari, yang mana mereka belum menginjak usia 8 tahun. (Wn)

Share.

Leave A Reply