SMA Negeri 1 Kepulauan Posek Menerima Hibah PLTS dari kementerian

Pinterest LinkedIn Tumblr +

LINGGATERKINI.COM – SMA Negeri 1 Kepulauan Posek menerima hibah Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) dari kementerian melalui kegiatan PKM Universitas Riau Kepulauan (UNRIKA) sebagai bagian dari program Pengabdian kepada Masyarakat (PKM).

Selain bantuan infrastruktur PLTS, UNRIKA juga menyelenggarakan berbagai pelatihan untuk meningkatkan kapasitas dan keterampilan warga sekolah.

Pada kegiatan PKM ini, UNRIKA ini tidak hanya menyediakan energi bersih untuk sekolah melalui hibah PLTS, tetapi juga memberikan pelatihan pembuatan kompos kepada guru dan siswa.

Pelatihan ini bertujuan untuk mendukung pengelolaan sampah organik di sekolah serta mempromosikan praktik ramah lingkungan di daerah pesisir.

Kepala Sekolah SMA Negeri 1 Kepulauan Posek, mariono menyampaikan apresiasi yang mendalam atas inisiatif dan dukungan dari UNRIKA.

“Kami sangat berterima kasih atas kerjasama yang kita tandatangani bersama sehingga unrika memberikan bantuan PLTS dan pelatihan,hal ini merupakan langkah maju bagi sekolah kami dalam memanfaatkan energi terbarukan dan meningkatkan kualitas pendidikan,” ujarnya.pada (27/08/2024).

Sementara tim yang terdiri dari  Assoc. Prof. Dr. Suryo Hartanto, M.Pd.T. (ketua tim); Ir. Pamor Gunoto,M.T ;Shalehoddin, M.Pd; Fenny Agustina, M.Si. berharap

“Dengan adanya hibah PLTS dan berbagai pelatihan ini, SMA Negeri 1 Kepulauan Posek diharapkan dapat menjadi pelopor dalam penggunaan energi bersih serta pengembangan pendidikan berkelanjutan di wilayah pesisir,Inisiatif ini juga diharapkan dapat menginspirasi sekolah-sekolah lain untuk mengikuti jejak yang sama dalam memanfaatkan teknologi dan pengetahuan untuk masa depan yang lebih baik”. Ujar suryo selalu ketua Tim.

Selain itu, UNRIKA juga memberikan pelatihan tentang penyusunan modul ajar dan modul P5 (Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila). Pelatihan ini dirancang untuk meningkatkan kompetensi guru dalam merancang dan mengimplementasikan modul pembelajaran yang sesuai dengan kurikulum terbaru, serta mengintegrasikan nilai-nilai Pancasila ke dalam proses pendidikan di sekolah. {**}

Share.

Leave A Reply