Sebnyak 12 jurnalis IJTI Pengda Kepri Ikut Menghadiri Konsolidasi Nasional di Jakarta

Pinterest LinkedIn Tumblr +

Jakarta , – Sebanyak 12 jurnalis  yang tergabung di dalam Pengurus Daerah Ikatan Jurnalis Televisi Indonesia (Pengda IJTI) Kepulauan Riau (Kepri) menghadiri Konsolidasi Nasional di Hotel Menara Peninsula, Jakarta Pusat, Jum’at (13/9/2024).

Pada kegiatannya, juga dibawakan oleh ratusan perwakilan jurnalis televisi yang berasal dari daerah-daerah seluruh Indonesia.

Selain itu juga disampaikan langsung oleh Wakil Menteri Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia, Nezar Patria, Jenderal Polisi, Listyo Sigit Prabowo, Ketua Umum Dewan Pers, Ninik Rahayu, dan Ketua Umum IJTI, Herik Kurniawan.

Dengan mengangkat tema Konsolidasi Nasional yaitu Jurnalisme Positif, Eksistensi TV Berita dan Kemerdekaan Pers di Era AI. Kegiatan ini juga digelar dalam rangka memperingati hari jadi IJTI yang ke 26 tahun.

Hal yang disampaikan yaitu terkait, kemajuan teknologi yang berdampak pada kekacauan informasi jelang pilkada yang akan berlangsung, November mendatang. Penyebaran disinformasi seperti video deepfake dengan mudah menyebar dan memiliki kualitas gambar yang bagus. Kondisi tersebut harus diantisipasi, agar kekacauan informasi dalam pemilu tidak terjadi.

Wakil Menteri Komunikasi dan Informatika, Nezar Patria, mengatakan, salah satu cara menangkal penyebaran disinformasi tersebut dengan memanfaatkan teknologi Artificial Intelligence (AI) atau kecerdasan buatan.

Pemanfaatan AI dalam jurnalisme menurut Nezar akan memudahkan dalam menyaring informasi yang akan disampaikan kepada masyarakat.

“Artificial Intelligence bisa untuk pengecekan fakta dan analisa disinformasi,” katanya.

Selain pengecekan fakta dan analisa disinformasi, teknologi AI dalam Jurnalisme juga bisa digunakan untuk personalisasi dan otomatisasi konten, peringkasan dan penyusunan teks dan chatbot untuk wawancara dan survei publik.

Nezar mengatakan, media nasional bisa menerapkan model bisnis multi platform dengan menyajikan berita di beberapa platform konten sekaligus.

Kedua, menghadirkan acara konten jurnalisme yang fokus pada konten berita yang mendalam, spesifik dan menarik. Ketiga, diversifikasi dan penyajian konten berkualitas melalui skema berlangganan digital. Dan terakhir, pemanfaatan teknologi terkini seperti Artificial Intelligence dalam kegiatan jurnalistik seperti pembuatan konten berita dan penerjemahan berita.

Ketua Umum IJTI, Herik Kurniawan mengatakan, teknologi kecerdasan buatan bisa memberi manfaat dan juga bisa menjadi ancaman.

“Bisa memudahkan juga bisa mengancam, dan jurnalis televisi harus bisa mengantisipasi ancaman tersebut,” katanya.

Salah satu cara mengantisipasinya dengan menggelar Konsolidasi Nasional. “Kita akan menyerap banyak ilmu dari narasumber yang kita hadirkan untuk menambah pengetahuan tentang teknologi AI,” tambahnya.

Sementara Ketua Dewan Pers, Ninik Rahayu, mengapresiasi tema yang dipilih IJTI dalam kegiatan Konsolidasi Nasional.

“Teknologi buatan sudah banyak yang digunakan untuk memanipulasi informasi,” katanya.

Tema tersebut menurutnya, menunjukkan IJTI sudah semakin maju menyikapi perkembangan jaman.

“Usia 26 tahun semakin mengukuhkan partisipasinya dalam mewujudkan kemerdekaan pers,” tambahnya. {Muhammad Alfi Syahri}

Share.

Leave A Reply