Paslon Nizar-Novrizal komitmen Tingkatkan Ekonomi Masyarakat Pulau Berhala Melalui Pariwisata

Pinterest LinkedIn Tumblr +

LINGGA, – Pada kampanye perdananya menuju Pilkada Lingga 2024, pasangan Bupati Muhammad Nizar dan calon Wakil Bupati Novrizal, menyapa warga Pulau Berhala, Kelurahan Berlian, Minggu (29/9/2024).

Dalam kesempatan tersebut, Nizar tidak hanya menyampaikan capaian-capaian yang telah terealisasikan pada masa kepemimpinannya sebagai Bupati Lingga, namun juga memberikan rencana ke depan untuk memajukan Pulau Berhala dan sekitarnya jika terpilih kembali memimpin Kabupaten Lingga.

Salah satu pencapaian yang menjadi sorotan adalah perubahan status Pulau Berhala dari Desa Berhala menjadi Kelurahan Berlian.

Perubahan ini, menurut Nizar, bukan sekadar ganti nama, melainkan langkah awal untuk mendorong pengembangan infrastruktur dan peningkatan ekonomi warga setempat.

“Kita sudah menuangkan ke dalam bentuk beton sejak periode kepemimpinan saya. Usulan ini muncul dari masyarakat, dan kami tindaklanjuti hingga akhirnya Desa Berhala resmi menjadi Kelurahan Berlian dan Pulau Lalang menjadi Desa Pulau Lalang. Ini menjadi salah satu bukti nyata bahwa peningkatan status pemerintahan juga berdampak pada perkembangan wilayah dan pariwisata setempat,” ungkap Nizar di hadapan masyarakat setempat.

Tak hanya soal status wilayah, Nizar juga bercerita tentang strategi pengembangan pariwisata di Pulau Berhala.

Pada tahun 2022, Nizar merintis kerja sama dengan beberapa agen perjalanan untuk memperkenalkan keindahan Pulau Berhala kepada wisatawan dari luar daerah, termasuk Tanjung Jabung Timur (Tanjab Tim).

“Setiap tahunnya, kami sudah melihat peningkatan kunjungan wisatawan dari Tanjab Tim. Jika dikemas dengan baik bersama masyarakat, pariwisata di Kelurahan Berlian dapat menjadi sumber pendapatan tambahan, terutama bagi pelaku Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) yang ada di sini,” jelasnya. Nizar

menambahkan, salah satu prioritasnya jika terpilih kembali adalah memperbaiki infrastruktur pendukung.

Sejauh ini, akses jalan di Pulau Berhala yang sebelumnya sulit ditembus, kini sudah mulai layak untuk dilewati.

Begitu juga dengan akses jalan menuju Resang, yang menurutnya dulu tidak layak, kini sudah bisa dilalui kendaraan dengan baik.

“Perbaikan infrastruktur menjadi prioritas kami karena tanpa jalan yang baik, pengembangan pariwisata tidak bisa berjalan lancar. Hal ini sudah kami realisasikan dan akan terus kami lakukan ke depannya, jika diamanahkan kembali memimpin Kabupaten Lingga,” ujar Nizar penuh optimisme.

Nizar juga menyebutkan adanya kerja sama lintas daerah sebagai upaya untuk mengembangkan pariwisata Pulau Berhala. Di awal tahun 2024, ia telah mengutus Kepala Dinas Perhubungan dan Kepala Dinas Pariwisata untuk berkoordinasi dengan Dinas Perhubungan di Tanjab Tim. Tujuannya, memastikan adanya trayek reguler dan kerja sama yang berkelanjutan agar arus kunjungan wisatawan ke Pulau Berhala semakin meningkat.

Kolaborasi dengan daerah tetangga sangat penting. Ini bukan hanya soal promosi wisata, tapi juga bagaimana kita membangun jaringan transportasi yang memadai sehingga wisatawan tidak kesulitan mencapai Pulau Berhala. Dengan penguatan trayek dan kerja sama dengan agen perjalanan, saya yakin kita dapat menciptakan ekosistem pariwisata yang lebih terstruktur dan menguntungkan masyarakat lokal,” jelas Nizar.

Kehadiran wisatawan yang semakin banyak di Pulau Berhala, selanjutnya diharapkan mampu mengangkat perekonomian masyarakat melalui sektor pariwisata. Bukan hanya dari sisi pemasukan, tapi juga dari pelestarian kebudayaan lokal. Dengan rencana-rencana besar ini, Nizar berharap agar Pulau Berhala bisa menjadi salah satu destinasi wisata unggulan di Kabupaten Lingga, serta membawa perubahan positif yang berkelanjutan bagi masyarakat setempat.{**}

Share.

Leave A Reply