Optimis Novrizal: Proyek Smelter dan Pabrik Silikon di Lingga Buka Ribuan Lapangan Kerja Baru

Pinterest LinkedIn Tumblr +

LINGGA, – Calon Wakil Bupati Lingga, Novrizal, menegaskan Kabupaten Lingga akan mengalami perkembangan ekonomi yang signifikan dalam lima tahun ke depan.

Hal ini disampaikan dalam kampanye dialogis Nizar-Novrizal yang diadakan di Bukit Kabung, Kecamatan Singkep, pada Rabu (9/10/2024).

Novrizal yang berpasangan dengan Muhammad Nizar sebagai calon Bupati Lingga pada Pilkada Lingga 2024, menyampaikan optimismenya bahwa investasi besar dari Proyek Strategis Nasional (PSN) akan membuka ribuan lapangan kerja dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat setempat.

“Semua yang berhubungan dengan ekonomi dan investasi. Ekonomi dan investasi itu maknanya terkait dengan lapangan kerja, itulah permasalahan kita. Jika investasi masuk, banyak orang yang bekerja, berarti perekonomian kita meningkat,” ujar Novrizal di hadapan warga yang hadir, disambut dengan tepuk tangan meriah.

Dalam paparannya, Novrizal menjelaskan bahwa Kabupaten Lingga telah ditetapkan sebagai salah satu daerah yang akan mendapatkan investasi besar melalui proyek strategis nasional yang diputuskan oleh Presiden Republik Indonesia melalui Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian. Penetapan ini tertuang dalam Peraturan Menko Nomor 8 Tahun 2023, yang menetapkan Lingga sebagai lokasi PSN di Kecamatan Singkep dan Singkep Selatan, tepatnya di Tanjung Kruing.

“Salah satu proyek yang akan masuk adalah pembangunan smelter alumina oleh PT Tianshan Alumina Indinesia dengan nilai investasi mencapai puluhan triliun rupiah. Ini bukan bualan,atau janji hohong, tapi sudah jelas keputusannya, dan ini tercantum dalam Permenko Nomor 8 Tahun 2023, perubahan keempat pada halaman 16,” jelas Novrizal.

Proyek smelter alumina ini diperkirakan akan menyerap antara 7.000 hingga 10.000 tenaga kerja. Novrizal, yang pernah menjabat sebagai Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Tata Ruang (PUTR) sebelum mengikuti kontestasi Pilkada, mengungkapkan bahwa ia terlibat langsung dalam rapat Analisis Mengenai Dampak Lingkungan (Amdal) proyek tersebut.

“Tentu nantinya tenaga kerja akan mengutamakan masyarakat setempat, masyarakat Kabupaten Lingga, sesuai dengan tingkat pendidikan dan keahlian. Kami telah ikut serta dalam rapat presentasi Amdal. Jika Amdal sudah selesai, Insyaallah lapangan kerja akan segera terbuka,” imbuhnya penuh keyakinan.

Selain pembangunan smelter alumina, proyek strategis lainnya yang akan masuk ke Kabupaten Lingga adalah pabrik silikon yang berlokasi di Maruk Tua, Tanjung Sebayur. Pabrik silikon ini akan memanfaatkan pasir kuarsa dan silika yang melimpah di Kabupaten Lingga sebagai bahan bakunya.

“Investasi ini diperkirakan mencapai 3,5 triliun rupiah dan mampu menyerap kurang lebih 1.000 tenaga kerja. Kami tidak bicara bohong,” tegas Novrizal.

Share.

Leave A Reply