29 CJH Asal Singkep Cek Kesehatan Tahap Pertama

Pinterest LinkedIn Tumblr +

LINGGATERKINI.COM – Sebanyak 29 Calon Jemaah Haji atau CJH asal Kecamatan Singkep dilakukan pemeriksaan kesehatan tahap pertama di Puskesmas Dabo Lama, Kecamatan Singkep, Kabupaten Lingga, Kamis (19/1/2023)

Kepala UPT Puskesmas Dabo Lama dr. Jonner Simbolon mengatakan, bahwa pemeriksaan kesehatan bagi calon jemaah haji berupa pemeriksaan laboratorium dan kesehatan lainnya.

“Jadi kita melakukan pemeriksaan kesehatan CJH ini seperti pemeriksaan laboratorium, cek tensi dan pemeriksaan kesehatan lainnya,” kata dr. Jonner

Calon jemaah haji saat dilakukan pemeriksaan kesehatan oleh tim medis (Foto : Wandi)

Dikatakan Jonner, bahwa pemeriksaan kesehatan ini dilakukan dalam dua tahap, tahap pertama dilaksanakan di Puskesmas Dabo Lama yang telah di tunjuk oleh Dinkes Lingga.

“Yang dimaksud bertujuan untuk mengetahui status kesehatan setiap calon jemaah haji sebagai seleksi awal,” ujarnya

Dijelaskannya, untuk tahap prosesnya mulai dari pendaftaran dan tahap pemeriksaan yang lainnya. Dan hasil pemeriksaannya bisa didapatkan pada hari itu juga.

“Dan nanti akan diterangkan oleh tim dokter pemeriksaan kita terkait dengan hasil tersebut dan apakah mereka diberikan obat ataupun diberikan edukasi yang lain,” bebernya

Kepala UPT Puskesmas Dabo Lama dr. Jonner Simbolon (kanan) Kasubag TU Puskesmas Dabo Lama Sushenni (kiri) (Foto : Wandi)

Sementara itu, Kasubag TU UPT Puskesmas Dabo Lama Sushenni menambahkan, pemeriksaan kesehatan ini memiliki peran penting dalam menentukan layak atau tidaknya CJH untuk berangkat ke tanah suci.

“Sebab pemeriksaan kesehatan ini bertujuan untuk memberikan perlindungan kesehatan bagi CJH selama berada di tanah suci,” kata Sushenni

Sushenni menambahkan, bahwa data kesehatan CJH yang didapat dengan menggunakan metode pemeriksaan medis sebagai upaya perawatan dan pemeliharaan, serta pembinaan dan perlindungan terhadap calon jemaah haji.

“Semoga hasil pemeriksaan yang dilakukan pada hari ini semua dalam keadaan baik-baik saja sehingga cjh dapat berangkat pada waktunya,” harapnya (Wn)

Share.

Leave A Reply