Museum Timah Mengingatkan Sejarah Kejayaan Pertambangan Timah Tempo Dulu

Pinterest LinkedIn Tumblr +

LINGGATERKINI.COM – Museum timah ini sudah ada sejak 2019 tepatnya pada tanggal 29 Mei yang sekarang sudah berlokasi di Implasmen, Kecamatan Singkep, Kabupaten Lingga.

Museum ini merupakan museum khusus yang bercerita tentang sejarah perkembangan Timah yang ada di Singkep dan juga terdapat barang-barang dari mantan karyawan PT.timah yang dihibahkan.

Kepala Museum Timah Singkep, Encek Basri mengatakan dibangunnya museum timah ini bertujuan untuk memberikan sarana aktif untuk masyarakat dan sebagai rekreasi edukatif bagi para pelajar dan sederajatnya.

“Selain sebagai tempat pemajangan dan informasi tentang timah, museum ini juga sebagai kampus politeknik dan juga kantor lurah Dabo,” kata Encik Basri, Sabtu (2/8/2023)

Dijelaskannya pada tahun 1783-1959 kegiatan penambangan timah dikuasai oleh Belanda dan pada tahun 1959-1992 sudah dikuasai oleh Indonesia. 

“Kegiatan penambangan timah Di Singkep berhenti pada tahun 1992 pada tanggal 31 Desember,” ujarnya

Kedepannya ia mengharapkan barang-barang koleksi yang melimpah. Sebab dengan adanya barang-barang yang masuk kesini dan dengan adanya museum timah ini diharapkan memberikan manfaat yang sebesar-besarnya untuk pemerintah kabupaten lingga.

“Dan masyarakat terutama dibidang pendidikan dan pariwisata bunda tanah melayu dan juga berharap agar bisa mempunyai gedung sendiri,” ucapnya mengakhiri (Fn)

Share.

Leave A Reply