Cegah Penyebaran Covid-19, Desa Tanjung Irat Dirikan Posko Kampung Tangguh

Pinterest LinkedIn Tumblr +

Linggterkini.id – Antisipasi penyebaran Covid-19, Desa Tanjung Irat, Kecamatan Singkep Barat mendirikan Posko Kampung Tangguh.

Mengingat kasus penyebaran Covid-19 di Kabupaten Lingga saat ini meningkat drastis. Sehingga perlu dilakukan penanganan cukup serius.

Kepala Desa Tanjung Irat, Darwan mengatakan, didirikan posko kampung tangguh ini atas dasar instruksi dari Kecamatan Singkep Barat. Pasalnya menjelang hari raya Idul Fitri banyak warga yang pulang kampung.

“Maka kita mendirikan posko ini untuk mencegah penyebaran Covid-19 di Kecamatan Singkep Barat, khususnya di Desa Tanjung Irat,” kata Darwan kepada Linggaterkini.id, Sabtu, (8/5/2021)

Darwan menjelaskan setiap warga yang masuk ke Desa Tanjung Irat wajib dilakukan pengecekan suhu, lalu mencuci tangan, disediakan handsanitazier, dan masker.

“Setiap pengendara yang masuk ke Desa Tanjung Irat yang tidak memakai masker akan ditahan oleh Satgas Covid-19 untuk di pakaikan masker, lalu di cek suhu tubuhnya,” jelasnya

Seorang warga saat dilakukan pengecekan suhu oleh pihak Kepolisian (Foto : Ruslan)

Selain itu, pihak Desa juga mempersiapkan ruangan isolasi bagi warga kampung yang berpergian jauh, jika ditemukan ada gejala Covid-19 bisa langsung di karantina mandiri.

“Kita juga mempersiapkan ruangan isolasi untuk mengantisipasi adanya warga kampung yang berpergian jauh lalu timbul gejala Covid-19 maka bisa kita karantina mandiri di ruang isolasi yang telah di persiapkan,” bebernya

Darwan mengucapkan terimakasih atas peran aktif dari Babinkamtibmas dan Babinsa yang setiap kegiatan di Desa Tanjung Irat.

“Terimakasih atas peran dari Babinkamtibmas, dan Babinsa yang berperan aktif setiap kegiatan yang ada di desa tanjung Irat,” ucapnya

Saat warga mencuci tangan di posko kampung tangguh Desa Tanjung Irat (Foto : Ruslan)

Dia menghimbau kepada masyarakat bahwa dengan adanya Covid-19 minta ada kesadaran diri dengan menjaga kesehatan, jika berpergian wajib menggunakan masker.

“Kepada masyarakat diharapkan kesadaran diri dengan disiplin protokol Kesehatan. Hal tersebut sebagai langkah memutus mata rantai penyebaran Covid-19 di Kabupaten Lingga,” harapnya.

Sementara itu, Camat Singkep Barat, Febrizal Taupik mengapresiasi apa yang telah dilakukan oleh Desa Tanjung Irat dengan membangun posko kampung tangguh.

“Hal tersebut sebagai langkah mengantisipasi penyebaran Covid-19 di Kecamatan Singkep Barat, khususnya di Desa Tanjung Irat,” ungkap Taupik.

Taupik berharap agar Desa lainnya juga segera mendirikan posko, agar setiap desa dapat mengawasi keluar masuknya warga ke wilayah masing-masing.

“Kita harapkan Desa lainnya juga segera mengambil langkah agar kita dapat sama-sama mencegah penularan Covid-19 di wilayah Kecamatan Singkep Barat ini,” harapnya (Wandy)

Share.

Leave A Reply