Wakil Ketua BPK RI Ingatkan Kepala Dinas Di Lingga Agar Kelola Administrasi dan Keungan Dengan Benar

Pinterest LinkedIn Tumblr +

LINGGATERKINI.ID, Singkep – Wakil Ketua Badan Pemeriksaan Keuangan (BPK) RI Dr. Agus Joko Pramono ingatkan kepala Dinas di Kabupaten Lingga agar pengelolaan administrasi dan keuangan dilakukan dengan baik agar terhindar dari kasus-kasus hukum.

Hal tersebut disampaikan Agus saat berkunjung ke Kabupaten Lingga dengan melakukan pertemuan terbatas dengan Pemerintah kabupaten Lingga.

Baca : Pemkab Lingga Serahkan Ambulance Ke Puskesmas Resang dan Lanjut

Agus mengatakan yang paling sering berhubungan dengan BPK, adalah kepala dinas, bendahara dan PPTK. Kebanyakan mereka menyalahkan wewenang dalam memutuskan sesuatu kebijakan, baik dalam keterpaksaan atau dalam kondisi darurat apapun.

“Penekanannya walaupun dalam konteks demi kebaikan bersama, namun jika belum ada menyalahkan diskresi dari yang berwewenang maka jangan dilakukan,” kata Agus, Jumat (27/8/2021)

Baca : TNI AL Dabo Singkep Vaksinasi Masyarakat Di KRI Semarang-594

Menurut Agus, secara substansi, apa yang dilakukan itu benar, namun secara legal formal itu salah. Aksi ini dimata hukum salah dan cacat administrasi.

Dia mengakui peran seperti itu sering disalahkan terutama pada setingkat kepala OPD, sebagai pengguna anggaran.

“Dan itu bisa berubah jadi benar dimata hukum. Asal sudah di ratifikasi. Yang dilakukan sebaik-baiknya, buat laporan dulu ke Bupati. Kalau Bupati sudah mendelegasikan silahkan lakukan. Jika tidak, balikkan lagi,” jelas Agus

Baca : Bupati Lingga Minta SDM Tenaga Kesehatan Di Tambah

Selain itu, dibuktikan dengan dicatat dan dilaporkan. Sebab tiga hal sederhana tersebut jarang sekali diperhatikan. Karena memang dalam pemeriksaan ketika masih dalam jabatan bisa dengan mudah menjawab.

“Tetapi kebanyakan pemeriksaan datang setelah masa jabat habis, bisa 1 atau sampai 5 tahun setelah berakhir menjabat, itu agak sulit bagi yang bersangkutan untuk menjawab,” bebernya

Sementara itu, Bupati Lingga M. Nizar mengatakan pemerintah daerah dalam hal ini cukup berbangga hati, atas kunjungan wakil lembaga negera setingkat kementerian tersebut.

“Karena memang secara umum Kabupaten Lingga merupakan kabupaten satu-satunya di Provinsi Kepulauan Riau yang dikunjungi langsung oleh Wakil BPK RI,” ungkap Nizar

Nizar juga mengucap terimakah kepada pihak BPK RI yang telah memberikan banyak masukan-masukan positif dan bermanfaat.

“Untuk itu tata cara yang bijak agar daerah tetap teliti dalam menjalankan atau mengelola setiap anggaran demi keperluan pembangunan daerah,” ucapnya

Nizar meminta kepada kepala OPD yang turut hadir pada pertemuan itu, agar dapat memanfaatkan waktu sharing ini semaksimal mungkin, diperhatikan dan dipahami untuk perbaikan-perbaikan kedepannya.

“Berkerja pada regulasi yang telah ditetapkan dalam menjalankan program-program pemerintah, sebagai upaya bentuk dukungan terhadap peran dari BPK RI,” tutupnya (ndy)

Share.

Leave A Reply