Demo Nelayan di Mako Lanal Dabo Singkep Berujung Ricuh

Pinterest LinkedIn Tumblr +

LINGGATERKINI.ID, Singkep – Aksi demo puluhan nelayan didepan Mako Lanal Dabo Singkep berujung ricuh, dimana dalam aksi tersebut satuan Setara Kompi Anti Huru Hara pun di terjunkan untuk menghalau amukan masa. Senin (13/9/2021)

Para nelayan yang merasa dihadang saat menuntut pihak Lanal untuk membebaskan satu rekannya yang ditangkap atas pelanggaran laut dan keamanan.

Pendemo memaksa merangsek masuk ke dalam pengkalan meminta agar rekannya dibebaskan tanpa syarat. Negosiasi tidak diindahkan pendemo sontak mengamuk, mendorong dan melempari petugas dengan ratusan air mineral.

Tak ingin kebobolan pihak Lanal Dabo Singkep pun kemudian menurunkan puluhan pasukan anti huru hara dan memberi tembakan gas air mata serta water canon untuk membubarkan para pendemo.

Melihat aksi para nelayan yang semakin beringas, terduga yang ditahan petugas pun akhirnya dibebaskan karena sudah terbukti tidak bersalah dalam pemeriksaan.

Kerusuhan yang berlangsung selama 30 menit ini ternyata hanya sebuah simulasi pengamanan huru hara yang ditampilkan oleh para prajurit Lanal Dabo Singkep.

Danlanal Dabo Singkep Letkol Laut (P) Didik Hermawan mengatakan, simulasi penanggulangan huru hara tersebut merupakan salah satu rangkaian penilaian uji terampil pangkalan 1 dan 2 yang digelar secara rutin.

“Simulasi yang dilaksanakan ini untuk kesiapan para prajurit ketika dihadapi dengan situasi dadakan seperti ini.  Hal tersebut guna meningkatkan kemampuan pasukan TNI AL dalam menjaga dan mempertahankan kesatuan NKRI,” kata Didik

Selain penanggulangan huru hara, tim uji terampil Komando latihan armada I juga sudah melaksanakan Peraturan Baris Berbaris, Kebaharian, Menembak Laras Panjang dan Pistol, Peraturan Dinas Dalam TNI AL, Ketahanan Pangkalan. (ndy)

Share.

Leave A Reply