Lurah Dabo Lama Aktifkan Kembali Kampung Siaga Bencana, Antisipasi Bencana Secara Dini

Pinterest LinkedIn Tumblr +

LINGGATERKINI.COM – Sering terjadinya rawan bencana alam seperti banjir dan gelombang pasang di Kelurahan Dabo Lama, Kecamatan Singkep, Kabupaten Lingga.

Sehingga diperlukan kesiapsiagaan dari masyarakat, maka dibentuklah kampung siaga bencana di Kelurahan Dabo Lama.

Pembentukan kampung siaga bencana tersebut terlebih dahulu dilakukan pelatihan sebagai sukarelawan siaga bencana di Kelurahan Dabo Lama yang digelar selama 2 hari.

Lurah Dabo Lama Said Syahfela mengatakan, wilayah dabo lama memang dikenal daerah rawan bencana terutama banjir dan gelombang pasang.

“Untuk di Kelurahan Dabo Lama ini memang dikenal rawan bencana terutama banjir dan gelombanh pasang,” kata Said, Jumat (3/12/2021)

Dikatakan Said, ada tiga wilayah yang sangat rawan bencana seperti di RW 5, RW 2, dan RW 1 . Sementara untuk gelombang pasang berada di RW 9.

“Untuk rawan banjir biasanya bisa mencapai 1 meter, dan untuk gelombang pasang bisa sampai masuk kerumah-rumah warga,” ujarnya

Diungkapkan Said, maka dengan adanya pelatihan sukarelawan siaga bencana ini setidaknya ada perwakilan dari setiap RW guna mengantisipasi kejadian yang ada.

“Relawan kita ada 20 orang, sehingga kita mengharap dengan adanya pengaktifan kembali kampung siaga bencana ini dapat mengantisipasi kejadian yang ada secara dini,” ungkapnya (DY)

Share.

Leave A Reply