Dinsos Lingga Dampingi PT. Pos Dabo Singkep Salurkan Bantuan BSS dan BLT ke Masyarakat Singkep

Pinterest LinkedIn Tumblr +

LINGGATERKINI.COM – Dinas Sosial Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Kabupaten Lingga mendampingi pihak PT. Pos Dabo Singkep dalam menyalurkan Bantuan Sosial Sembako (BSS) dan Bantuan Langsung Tunai (BLT) Minyak Goreng tahap II di gedung Sapta Pesona Kantor Lurah Dabo.

Kadinsos PPPA Lingga melalui Kabid Pemberdayaan Sosial dan Penanganan Fakir Miskin, Aswin, mengatakan bahwa proses penyaluran berlangsung dengan baik.

“Alhamdulillah, untuk proses penyaluran berjalan dengan lancar. Adapun jumlah penerima di wilayah Kec. Singkep sebanyak 59 Keluarga Penerima Manfaat (KPM),” ungkap Aswin.

Aswin berharap kepada Keluarga Penerima Manfaat (KPM) agar mempergunakan dana bantuan yang diterima sesuai dengan peruntukan.

“Kita berharap bantuan tersebut dapat dipergunakan dengan baik sesuai dengan peruntukan dan pedoman umum bantuan yang telah ditetapkan oleh Kemensos,” harapnya.

Aswin menambahkan untuk wilayah Kec. lainnya akan dilaksanakan bertahap.

“Untuk Kec. Singkep Barat dan Selayar penyalurannya akan dilaksanakan pada esok hari sedangkan untuk Kec. Posek akan dilaksanakan pada hari Sabtu dan Kec. Singkep Selatan pada hari minggu mendatang,” terang Aswin.

Untuk diketahui, penerima BLT minyak goreng dan BSS adalah masyarakat yang terdaftar dalam Keluarga Penerima Manfaat (KPM) bersumber dari Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS) yang ditetapkan oleh Kementerian Sosial (Kemensos).

Data DTKS kemudian diserahkan Kemensos kepada PT. Pos Indonesia untuk dilakukan penyaluran ke penerima bantuan. Masing-masing KPM diwajibkan melampirkan Kartu Tanda Penduduk (KTP) dan Kartu Keluarga (KK) untuk dapat menerima bantuan tersebut.

Kemudian, masing-masing KPM mendapat bantuan sebesar Rp 500 ribu dengan rincian Rp. 200 ribu dari Bantuan Sosial Sembako (BSS) untuk bulan Mei 2022 dan Rp. 300 ribu dari BLT minyak goreng untuk bulan April, Mei, Juni 2022. (Wn)

Share.

Leave A Reply