Kabupaten Lingga Targetkan Eliminasi Malaria Pada Tahun 2025

Pinterest LinkedIn Tumblr +

LINGGATERKINI.COM – Dinas Kesehatan Kabupaten Lingga melalui bidang pencegahan dan pengendalian penyakit menular memberikan pelatihan co-asisten entomolog tingkat Puskesmas se-Kabupaten Lingga.

Hal tersebut sebagai langkah dalam mengeliminasi penyakit malaria di Kabupaten Lingga salah satunya dengan memberikan pembekalan kepada para nakes yang bertugas di Puskesmas.

Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit, Dinkes Lingga Wirawan Trisna Putra mengatakan pelatihan tersebut diikuti sebanyak 26 peserta dari 13 Puskesmas yang ada di Lingga.

“Mereka tidak hanya mendapatkan teori di kelas saja namun juga diberikan kesempatan untuk melalukan serangkaian observasi ke perumahan warga dan di kolong bekas galian timah yang ada di Kecamatan Singkep guna mengidentifikasi berbagai varian jentik-jentik,” kata Wirawan, Kamis (23/6/2022)

Dijelaskan Wirawan, bahwa kolong bekas galian timah merupakan daerah potensial tumbuh dan berkembang biaknya jentik nyamuk.

“Namun secara umum sejak 3 tahun terakhir angka kasus malaria di Lingga berada diambang batas yakni kurang dari satu persen,” jelasnya

Diketahui pada pelatihan co-asisten entomolog ini Dinkes Lingga menggandeng Balai Teknik Kesehatan Lingkungan dan Pengendalian Penyakit atau BTKLPP Kelas I Batam.

“Diharapkan melalui kolaborasi ini berbagai hal yang tidak diinginkan dapat diminimalisir,” tuturnya (Wn)

Share.

Leave A Reply