Lapas Dabo Singkep Berikan Pelatihan Montir dan Mesin Kepada 15 Warga Binaan

Pinterest LinkedIn Tumblr +

LINGGATERKINI.COM – Lima belas Warga Binaan Permasyarakatan atau WBP Lapas Kelas III Dabo Singkep mengikuti pelatihan montir dan mesin.

Dimana pelatihan montir dan mesin tersebut dilaksanakan selama tiga minggu.

Kepala Lapas Kelas III Dabo Singkep Dewanto mengatakan, bahwa pelatihan kemandirian bagi WBP ini setiap tahunnya dilaksanakan namun dengan agenda yang berbeda.

“Kali ini kita memberikan pelatihan montir dan mesin kepada 15 WBP, agar mereka memiliki kemampuan dalam memperbaiki mesin motor atau mobil,” kata Dewanto, Kamis (9/6/2022)

Dijelaskan Dewanto bahwa, 15 WBP tersebut dipilih secara random dengan syarat melewati setengah masa pindana yang mereka jalani dengan berkelakuan baik.

“Tentunya para wbp ini telah menjalani setengah masa pidana dan berkelakuan baik serta mengikuti pembinnaan sebelumnya dengan baik,” ujarnya

Diungkapkan Dewanto, bahwa tujuan dari pelatihan ini untuk memberikan wawasan kepada warga binaan dalam mengenal bagian-bagian dari motor atau mobil yang akan diperbaiki.

“Tujuannya paling tidak memberikan wawasan kepada WBP untuk mengenal part-part motor kemudian merawat dan juga sedikit bisa memperbaiki mesin,” ungkapnya

Dewanto berharap, kepada warga binaan yang mengikuti pelatihan ini dapat merubah pola pikir dan memiliki wawasan yang baik setelah mereka kembali ke masyarakat atau bebas.

“Sehingga mereka bisa menangani kerusakan mesin paling tidak untuk diri sendiri dan lingkungan sekitarnya secara sederhana karena pelatihan ini kan waktunya singkat,” harapnya

“Dan barang kali kedepannya bisa untuk membuka wawasan keterampilan untuk bisa lebih mandiri,” tuturnya (Wn)

Share.

Leave A Reply