KPU Lingga Lantik 252 Anggota PPS se-Kabupaten Lingga

Pinterest LinkedIn Tumblr +

LINGGATERKINI.COM – Komisi Pemilihan Umum atau KPU Kabupaten Lingga melantik 252 anggota Panitia Pemungutan Suara (PPS) se-Kabupaten Lingga yang dilaksanakan di halaman Gedung Nasional Dabo, Kecamatan Singkep, Kabupaten Lingga, Selasa (24/1/2023)

Ketua KPU Lingga Hasbullah mengatakan, bahwa sebanyak 84 Desa dan Kelurahan yang dilantik dengan jumlah 252 anggota PPS.

“Tugas pertama PPS ini otomatis setelah kembali ke Desa para PPS ini akan berkoordinasi dengan kades dan lurah untuk membentuk sekretariat PPS,” kata Hasbullah

Dan selanjutnya anggota PPS ini juga akan merekrut penitia pemuktahiran data pemilih atau Pentarli untuk seluruh Kabupaten Lingga.

“Mereka ini bertugas sampai nanti dua bulan setelah hari pemungutan suara,” jelasnya

Hasbullah berpesan, bahwa sesuai dengan amanat bahwa PPS nantinya akan bekerja untuk menjaga netralitas dan integritas dalam melaksanakan tugas sebagai penyelenggara pemilu tahun 2024.

“Karena mereka ini tidak terdaftar di partai politik karena pada saat mereka mendaftar di KPU melalui sistem yang mana terintegrasi kepada sipol apabila terdaftar otomatis ada notifikasinya,” ujarnya

“Pada umumnya perekrutan PPS ini dari masyarakat umum tetapi ada juga daerah kepulauan yang kekurangan SDM ada juga unsur perangkat desa,” tambahnya (Wn)

Share.

Leave A Reply