Tarian Kolosal Gurindam 12 Meriahkan Perhelatan STQH X Kabupaten Lingga

Pinterest LinkedIn Tumblr +

LINGGATERKINI.COM – Tarian kolosal gurindam 12 meriahkan malam perhelatan pembukaan Seleksi Tilawatil Qur’an dan Hadits ke X tingkat Kabupaten Lingga, Minggu, (5/3/2023) malam

Dimana tarian kolosal gurindam 12 pasal yang pertama tersebut dibawakan oleh siswa-siswi dari SMA, SMK, SMP, dan sanggar-sanggar yang ada di Daik Lingga.

Penata tari oleh Andri Pelesmana, yang mana tarian kolosal gurindam 12 pasal yang pertama itu berisikan pesan-pesan nasehat keagamaan.

“Sehingga sangat sesuai dengan perhelatan pembukaan STQH ke X tingkat Kabupaten Lingga ini sebagai petunjuk hidup, maka kami terinspirasi pasal pertama itulah mengambil karya tari ini sebagai pijakan,” kata Penata Tari Andri Pelesmana, Minggu (5/3/2023)

Dijelaskan Andri bahwa untuk proses tarian kolosal ini sebagai memakan waktu kurang lebih 30 hari atau satu bulan.

“Prosesnya kurang lebih makan waktu satu bulan, penari kita berasal dari siswa-siswi SMA Negeri 1 Lingga, SMKN 2Lingga, SMPN 1 Lingga dan sanggar-sanggar yang ada di daik lingga,” jelasnya

Menurutnya kesulitan yang dihadapi selama proses latihan hanya terkendala masalah cuaca, sebab proses latihan juga dilaksanakan dilapangan karena harus menyesuaikan.

“Kesulitan kita selama ini mungkin terkait cuaca, karena kami ada latihan di lapangan, untuk tarian kami puas atas apa yang telah ditampilkan oleh para penari,” ucapnya

Tarian Gurindam 12 pasal pertama ini diperagakan kurang lebih 12 menit, dan para penari berhasil memukau masyarakat Daik Lingga. (Wn)

Share.

Leave A Reply