Timpora Lingga Lakukan Pengawasan Orang Asing di Desa Marok Kecil

Pinterest LinkedIn Tumblr +

LINGGATERKINI.COM – Tim Pengawasan Orang Asing atau Timpora Kabupaten Lingga melakukan peengawasan ke Desa Marok Kecil, Kecamatan Singkep Selatan, Kabupaten Lingga.

Dilakukan pengecekan orang asing diwilayah tersebut, sebab adanya pembangunan tambak udang seluas 800 hektar dan pekerjanya merupakan warga negara asing aslal China.

Kepala Kantor Imigrasi Kelas II Non TPI Dabo Singkep, Yanto Ardianto mengatakan, bahwa, ditempat pembangunan tambak udang di Desa Marok Kecil ada lebih kurang 4 hingga 7 orang tenaga kerja asing yang bekerja.

“Dimana disitu ada pembangunan tambak udang seluas 800 hektar dan disitu ada memperkerjakan tenaga kerja asing kurang lebih 4 hingga 7 orang asing asal china,” kata Yanto, Jumat (16/6/2023)

Dipilihnya Desa Marok Kecil, dikarenakan tenaga kerja asing tersebut memegang visa ijin tinggal terbatas atau visa kerja.

“Kalau ditempat lain itu, warga asingnya rata-rata hanya kunjungan keluarga, wisatawan. Sementara yang di Desa Marok kecil itu mereka stay ditempat kerja maka kita mudah melacaknya,” jelasnya

Selain itu, pihaknya ingin mengecek aktifitas mereka disana, lalu pengecekan berkas administrasi mereka apakah sesuai peruntukkan dan melihat job desk yang mereka kerjakan apakah sesuai dengan jobdesk dari Kementerian tenaga kerja.

“Intinya kita ingin melihat berkas-berkas dari tenaga kerja asing tersebut, apakah jobdesknya sesuai dengan jobdesk dari Kementerian Tenaga Kerja,” tuturnya

Diketahu, sampai saat ini ada sekitar 100 orang asing di Kabupaten Lingga dengan berbagai macam subjek,seperti subjek ijin tinggal terbatas, tinggal kunjungan, dan subjek bebas visa kunjungan. (Wn)

Share.

Leave A Reply