Dinkes Lingga Gelar Rakor Bagi Pokjanal Dalam Pengelolaan Posyandu

Pinterest LinkedIn Tumblr +

LINGGATERKINI.COM – Dinas Kesehatan Pengendalian Penduduk Keluarga Berencana Kabupaten Lingga menggelar rapat koordinasi bagi Pokjanal posyandu dalam pengelolaan Posyandu di Kabupaten Lingga.

Kegiatan tersebut dilaksanakan di One Hotel Dabo Singkep, Kecamatan Singkep, Kabupaten Lingga, Senin (25/9/2023)

Kepala Bidang Kesehatan Masyarakat atau Kesmas Dinkes Lingga, Rafles mengatakan, keberadaan posyandu sangat diperlukan khususnya dalam peningkatan status gizi masyarakat.

“Dilaksanakan kegiatan ini agar tahu peranan dan fungsi sebagai tim pokja dalam meningkatkan pelayanan kesehatan di Kabupaten Lingga,” kata Rafles

Dijelaskan Rafles, bahwa integrasi layanan primer dimulai dari Posyandu maupun Puskesmas. Artinya Dinas Kesehatan merupakan bagian dari peningkatan derajat kesehatan.

“Dengan melaksanakan Pokjanal ini agar kita mendukung semua kegiatan-kegiatan mulai dari Desa, Kecamatan hingga ke Puskesmas,” ujarnya

Dikatakan Rafles, peranan posyandu saat ini di Kabupaten Lingga melakukan screening atau penjaringan mulai dari Balita, ibu hamil dan lansia.

“Dimana posyandu kita ini akan melakukan suatu pelayanan yang terdiri dari posyandu balita, ibu hamil dan lansia,” jelasnya

Rafles berharap dari kegiatan tersebut agar pokja-pokja memahami bagaimana peranan mereka dalam mendukung pelayanan kesehatan.

Sementara itu, Kasi Promkes dan Pemberdayaan Masyarakat Desi Emiliasari menambahkan, dari kegiatan ini ialah untuk menyatukan pendapat bahwa posyandu itu bukan hanya untuk Balita melainkan satu siklus hidup.

“Yaitu dimulai dari posyandu Balita, remaja, usia produktif hingga lansia, jadi nantinya buka tutup posyandu itu bukan dari posyandu Balita saja melainkan satu siklus hidup yang diberikan dalam satu hari pelayanan,” jelasnya (Wn)

Share.

Leave A Reply