Lingga Ditetapkan Sebagai Lokpri Tujuan Wisata Nasional

Pinterest LinkedIn Tumblr +

LINGGATERKINI.COM – Kabupaten Lingga mendapatkan kado istimewa di hari ulang tahun yang ke-20 di tahun 2023 ini.

Diimana Lingga ditetapkan sebagai daerah tujuan wisata nasional oleh Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif.

Daerah tujuan wisata nasional tersebut berada di lokasi prioritas atau Lokpri kawasan pariwisata Istana Damnah Ibu Kota Daik Lingga.

Maka di usia Lingga ke -20 tahun ini mengembalikan semangat awal dari para pendiri Kabupaten Lingga untuk membentuk Lingga ini menjadi tiga poros pulau besar.

Yakni di Dabo Singkep sebagai daerah industri dan ekonomi, Daik Lingga sebagai daerah budaya, pariwisata dan religi dan Senayang sebagai daerah perikanan.

Bupati Lingga Muhammad Nizar mengatakan, bahwa untuk tahun 2024 nanti Lingga mendapatkan dana alokasi khusus atau DAK Tematik lebih kurang Rp210 miliar rupiah untuk proses pembangunan lokpri.

“Dan ini merupakan kado istimewa untuk Pemerintah Kabupaten Lingga atas kolaborasi dari stakeholder yang terlibat langsung dimana 2023 ini Lingga ditetapkan sebagai daerah tujuan wisata nasional yaitu di lokasi prioritas kawasan pariwisata budaya Istana Damnah,” kata Nizar belum lama ini

Menurut Nizar, ini merupakan prestasi yang luar biasa, sebab belum pernah terjadi selama Lingga menjadi Kabupaten.

“Sehingga yang dulunya kita tidak terbuka untuk DAK Tematik, di tahun 2024 yang PMK-nya sudah keluar pada Oktober 2023 ini melalui APBN yang anggarannya masuk pada struktur APBD kabupaten Lingga 2024 yang telah disampaikan nota keuangannya ke DPRD lingga beberapa waktu lalu tertuang disitu dana alokasi khusus Kabupaten Lingga lebih kurang Rp210 miliar rupiah,” bebernya

Nizar berharap dengan penambahan lokasi prioritas OPD-OPD teknis seperti Dinas Pariwisata, Dinas Perikanan, Disperindagkop, Dinas Kebudayaan serta OPD lainnya dapat lebih serius dalam geliat pembangunan.

“Mudah-mudahan ini dapat kami wujudkan tentu kerjasama yang kami butuhkan serta saling memberikan masukan semangat kepada Pemda,” imbuhnya

Share.

Leave A Reply