Tingkatkan Mutu Pelayanan, Puskesmas Raya Laksanakan Re-akriditasi 

Pinterest LinkedIn Tumblr +

LINGGATERKINI.COM – UPT Puskesmas Raya Kecamatan Singkep Barat, Kabupaten Lingga melaksanakan Re-Akreditasi.

Dimana, Kadis Kesehatan Kabupaten Lingga dr. Bukit Tua Rayanto Gultom, Kadisnakertrans Lingga Sabirin dan Camat Singkep Barat Febrizal Taupik, tampak menghadiri kegiatan tersebut.

Adapun kegiatan lintas sektor Re Akreditasi UPT Puskesmas Raya tersebut, dilaksanakan oleh Tim Surveyor Akreditasi Kementerian Kesehatan dari Lembaga Laskesi. 

“Tentunya akreditasi ini sangat penting bagi kami Puskesmas Raya, karena disitulah terlihat standard mutu pelayanan yang sudah diberikan kepada masyarakat dan sejauh mana sumber daya yang ada di puskesmas itu dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat,” kata Kepala Puskesmas Raya Andra Wirawan, Rabu (1/11/2023)

Sementara itu, Camat Singkep Barat Febrizal Taupik mengatakan, proses akreditasi yang dilaksanakan ini bertujuan untuk peningkatan mutu pelayanan kesehatan masyarakat, dengan mengedepankan keselamatan pasien khususnya di wilayah kerja UPT Puskesmas Raya.

“Terkait proses akreditasi puskesmas yang saat ini berlangsung, itu merupakan kegiatan untuk pembenahan puskesmas sebagai fasilitas kesehatan agar dapat sesuai dengan standard yang diharapkan didalam melaksanakan pelayanan kesehatan masyarakat,” jelas Taupik.

Dikatakan Taupik, bahwa pihak Puskesmas Raya selalu melakukan koordinasi yang baik dengan Pemerintah Kecamatan Singkep Barat dalam kegiatan apapun.

“Seperti penanganan stunting, penanganan covid-19, penanganan ODGJ, penangan masalah ulat bulu, dan kegiatan Germas selalu dilakukan secara bersama-sama,” bebernya

Maka dari itu, Camat Singkep Barat ini memberikan apresiasi yang sebesar-besarnya kepada Puskesmas Raya karena ada beberapa inovasi yang dilakukan.

“Salah satu Posbindu dimana pihak Puskesmas Raya melakukan pengecekan kesehatan secara gratis kepada masyarakat baik itu kegiatan besar yang dibuat oleh Pemerintah Kabupaten Lingga maupun Pemerintah Kecamatan Singkep Barat,” katanya

Taupik berharap, melalui re-akriditasi ini pelayanan di Puskesmas Raya dapat lebih meningkat lagi.

“Sehingga permasalahan terhadap masyarakat dapat ditangani dengan baik. Karena ini merupakan salah satu harapan dari pada masyarakat mendapat pelayanan yang baik dari pada petugas kesehatan,” harapnya

Sebagai informasi, sebanyak 13 Puskesmas yang ada di Kabupaten Lingga yang akan dilakukan Akreditasi pada Tahun 2023 ini, dengan rincian 11 Puskesmas yang akan di lakukan proses Re Akreditasi dan 2 Puskesmas yang akan melaksanakan proses Akreditasi. (Wn)

Share.

Leave A Reply