Bawaslu Lingga Sebut Tiga Desa Di Lingga Rawan Pemilu 2024

Pinterest LinkedIn Tumblr +

LINGGATERKINI.COM – Tiga Desa di Kabupaten Lingga dianggap rawan pada Pemilu 2024, pasalnya ketiga Desa tersebut letak geografis yang jauh serta minimnya sinyal untuk berkomunikasi.

Tiga Desa tersebut yakni , Desa Pekajang, Desa Mentude, dan Desa Berhala. Maka Badan Pengawas Pemilu atau Bawaslu Kabupaten Lingga melakukan beberapa strategi untuk meminimalisir kendala-kendala tersebut.

Ketua Bawalsu Lingga Fidya Asrina mengatakan, bahwa pemetaan yang dilakukan terdapat tiga wilayah di Kabupaten Lingga yang rawan pada Pemilu 2024.

“Rawan yang dimaksud, terkait letak geografis dan sinyal komunikasi seperti Desa Pekajang, Mentude dan Berhala, tentu ini menjadi perhatian kami,” kata Fidya, Senin (11/12/2023)

Terkait kerawanan itu, kata Fidya, Bawaslu Lingga telah mempersiapkan sejumlah strategi guna mengotimalkan pengawasan dan meminimalisir kendala-kendala di tiga titik rawan yang menjadi fokus perhatian Bawaslu Lingga tersebut.

“Di sana kebetulan ada PKD (Panwaslu Kelurahan/Desa) yang kami tempatkan di sana. Jadi setiap desa itu ada PKD-nya masing-masing,” jelasnya.

Terkait pelanggaran kampanye, sejauh pengawasan pihaknya belum ada pelanggaran, meski demikian Bawaslu Lingga mengaku pihaknya terus mengintensifkan pengawasan disejumlah wilayah dan pemantauan terhadap netralitas ASN.

“Sejauh ini belum ada pelanggaran, tetapi memang beberapa hal kita menjadi fokus pantauan soal netralitas ASN, mengingat netralitas ASN kita dari 2019 dan 2020 ada mengalami kenaikan,” ungkapnya

Pihak Bawaslu Lingga juga telah melakukan upaya pencegahan dengan mendelegasikan tugas pengawasan kampanye kepada Panitia Pengawas Kecamatan (Panwascam) di 13 kecamatan dan 84 desa.

“Kalau untuk pelanggaran lain, seperti money politic sejauh ini belum ada, dan belum ada laporan,” ungkapnya.

Fidya menekankan pentingnya keterlibatan masyarakat dalam menjaga integritas dan keadilan dalam proses demokrasi, serta mengajak semua pihak untuk menjaga keamanan dan ketertiban selama masa kampanye menuju Pemilu 2024.

“Saya mengimbau pada seluruh masyarakat untuk tidak melakukan praktik-praktik kecurangan terutama money politic kemudian netralitas ASN. Kita jagalah kondusifitas Pemilu 2024,” himbaunya (Wn)

Share.

Leave A Reply