Disdukcapil Lingga Menggesa Aktivasi IKD Di Masyarakat, Capaian 16,55 Persen

Pinterest LinkedIn Tumblr +

LINGGATERKINI.COM – Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disduk Capil) Kabupaten Lingga saat ini menggesa masyarakat untuk segera mengaktivasi Identitas Kependudukan Digital atau IKD.

Kadisduk Capil Kabupaten Lingga, Recky Sarman Timur mengatakan, tahun 2024 ini sesuai dengan arahan Dirjen Disduk Capil bahwa seluruh kabupaten/kota se-Indonesia, khususnya Capil untuk menggesa masyarakatnya mengaktivasi Identitas Kependudukan Digital.

“Jadi kita diminta Dirjen Disduk Capil untuk menggesa masyarakat mengaktivasi IKD,” kata Recky, Selasa (20/2/2024).

Dijelaskan Recky, untuk Kabupaten Lingga sendiri, saat ini pencapaian Identitas Kependudukan Digital sudah mencapai 16,55 persen.

“Target untuk Kabupaten Lingga, yaitu sebanyak 18.269 jiwa dari 75 persen dari perekaman KTP. Jadi sampai hari ini sudah mencapai 16,55 persen untuk capaian IKD,” jelasnya.

Tahun ini, pihaknya akan bekerja lebih keras lagi untuk memaksimalkan target IKD di wilayah Kabupaten Lingga.

“Kita akan bekerja lebih keras lagi untuk memaksimalkan target IKD, ujarnya.

Terkait hal itu Disduk Capil Lingga juga akan turun ke lapangan untuk melakukan pelayanan aktif dengan pola jemput bola.

“Insya Allah kami akan turun ke lapangan, jemput bola. Kemudian akan dilanjutkan kembali dengan ke instansi-instansi, ke kantor-kantor untuk melakukan pelayanan aktif, masih dalam pola yang sama untuk wilayah Kabupaten Lingga,” terangnya.

Selain instansi vertikal, Disduk Capil Lingga juga akan melakukan pelayanan aktif untuk desa dan kelurahan.

“Selain itu, untuk tahun ini diagendakan juga untuk dilakukan di desa dan kelurahan. Ini juga sebagai upaya untuk menaikkan target IKD di wilayah Kabupaten Lingga,” kata Recky Sarman Timur.

Sebelumnya pemerintah telah menerapkan pengguna Identitas Kependudukan Digital (IKD) sejak 2022 lalu. 

IKD sendiri merupakan informasi elektronik yang digunakan untuk merepresentasikan dokumen kependudukan dan data balikan dalam aplikasi digital melalui smartphone. (Wn)

Share.

Leave A Reply