Pawai Ta’aruf Meriahkan Semarak MTQ X Kabupaten Lingga

Pinterest LinkedIn Tumblr +

LINGGATERKINI.COM – Pawai Ta’aruf meriahkan semarak event Musabaqah Tilawatil Qur’an dan Hadits (MTQH) ke X tingkat Kabupaten Lingga di Desa Penuba, Kecamatan Selayar.

Terlihat ribuan peserta dari 13 Kecamatan se-Kabupaten Lingga mengikuti pawai tersebut di Desa Penuba.

Gema marching band menambah riuhnya suasana, meramaikan Desa Penuba. Tak hanya dari peserta, warga setempat turut antusias melihat kegiatan kegiatan tersebut sambil mengabadikan momen di gadget mereka.

Berbagai keunikan yang dibawa masing-masing peserta. Seperti salah satunya Kecamatan Temiang Pesisir, yang membawa sebuah miniatur kapal layar yang diusung saat pawai berlangsung.

Kapal layar tersebut tampak menggambarkan konsep warga Temiang Pesisir, yang merupakan salah satu daerah pulau pesisir jauh dari ibukota.

Adapula dari Kecamatan Singkep Barat, yang membawa piala juara umum.

Kecamatan yang terdiri dari 13 Desa dan kelurahan ini, menargetkan kembali juara umum pada MTQH ke X, untuk bisa memboyong piala tetap.

Kafilah yang menarik lainnya berasal dari tuan rumah Kecamatan Selayar, yang membawa sebanyak 3 ratus lebih peserta.

Mereka tampil berseri dengan barisan dimulai dari 2 sampan layar yang diusung bertulis bendera Indonesia dan Palestina, sebagai bentuk dukungan mereka yang merupakan warga Indonesia terhadap Palestina yang sedang berada dalam musibah penjajahan.

Staff Tenaga Ahli Bupati Lingga Bidang Tenaga Kerja dan Kesra, Abdullah membuka jalannya pawai pada pagi itu.

Abdullah mengatakan, bahwa antusias dari peserta sangat luar biasa, sehingga ada ribuan orang yang mengikutinya.

“Dengan pawai ta’aruf ini, bisa mensyiarkan ajaran Islam melalui Al Qur’an, terlebih lagi pada momen menyambut datangnya bulan suci Ramadan,” kata Abdullah.

Abdullah menyebutkan, setiap kafilah menerjunkan paling banyak 70 peserta.

Dari MTQH ini lanjutnya, Kabupaten Lingga mempersiapkan qori dan qoriah terbaik dari berbagai cabang, untuk bisa mengikuti MTQH tingkat Provinsi Kepri, yang akan dilaksanakan pada Mei mendatang.

“Dewan hakim tingkat provinsi juga hadir, tingkat nasional juga hadir, berati kita seleksi sesuai standarnya,” imbuhnya (Wn)

Share.

Leave A Reply