SMK Negeri 1 Singkep Buka PPDB Secara Online, Terima 128 Siswa

Pinterest LinkedIn Tumblr +

LINGGATERKINI.ID, Dabo Singkep – SMK Negeri 1 Singkep buka Penerimaan Peserta Didik Baru atau PPDB melalui online.

Kepala Sekolah SMK Negeri 1 Singkep, Samsul Hadi menjelaskan, tahun pelajaran 2021-2022 SMKN 1 Singkep merupakan satu-satunya SMK yang ada di Kabupaten Lingga yang di tunjuk untuk melaksanakan PPDB Online.

“Yang mengikuti sistem dari Dinas Pendidikan Provinsi Kepri,” kata Hadi, Kamis (1/7/2021)

Baca Juga : SMA Negeri 1 Singkep Buka Penerimaan Peserta Didik Baru Secara Online

Dijelaskan Hadi, adapun jalur pendaftaran dari SMK Negeri 1 Singkep ini sendiri, yakni jalur prestasi 75 persen, bina lingkungan 10 persen, dan jalur ekonomi tidak mampu 15 persen.

“Jalur prestasi ini diukur nilai rapot dari semester 1-5 dengan bobot 60 persen. Lalu prestasi non akademi bisa dari kejuaraan mulai dari tingkat Kabupaten, Provinsi, Nasional, dan Internasional,” jelas Hadi

“Tidak lupa pula disitu ada prestasi hafal alquran minimal 1 juz dan seterusnya yang semuanya itu dibuktikan adanya sertifikat. Dan itu memiliki nilai bobot tersendiri dan di ambil yang paling tinggi bobotnya 30 persen untuk prestasi non akademi,” tambahnya

Baca juga : Bupati Lingga Tegaskan Pemberhentian PTT dan THL Sudah Menjadi Keputusan, Ini Alasanya!!

Lalu pihak sekolah mengukur kemampuan siswa dalam minat dan bakat. Hal tersebut agar para siswa dapat mengambil sesuai jurusan yang dipilih dengan bobot 10 persen.

“Hal ini agar mereka mengambil sesuai dengan jurusan,” ujarnya

Selanjutnya sistem zonasi yang dilihat dari Kartu Keluarga domisili dari siswa. Yang diambil dari radius terdekat dengan tidak melihat prestasi apapun.

Kemudian jalur keluarga ekonomi tidak mampu. Jadi jalur ini di khususkan kepada siswa yang mempunyai kartu KIP, PKH, dan KKS.

“Jadi kalau keterangan keluarga kurang mampu dari kelurahan tidak berlaku jadi harus berupa kartu KIP, PKH, dan KKS,” bebernya

Baca Juga : Vaksinasi Di Lingga Belum Capai Target, Ini Kata Mulkan

Berdasarkan kuota SMK Negeri 1 Singkep memiliki 4 jurusan, dimana masing jurusan berjumlah 32 siswa. Sehingga untuk total yang diterima sebanyak 128 siswa.

“Sesuai dengan juknis PPDB, jadi kita dari SMK N 1 Singkep persatu kelas diisi 32 siswa. Jadi yang kita terima hanya 128 siswa,” katanya (Wandy)

Share.

Leave A Reply