Tenaga Kesehatan Di Lingga Vaksinasi Dosis Ketiga Jenis Moderna

Pinterest LinkedIn Tumblr +

LINGGATERKINI.ID, Singkep – Pemerintah Kabupaten Lingga melaksanakan pencanangan vaksinasi covid-19 dosis ketiga dengan jenis moderna bagi tenaga kesehatan.

Kegiatan vaksinasi dosis ketiga tersebut berlangsung di Gedung Nasional Kecamatan Singkep Kabupaten Lingga, yang digelar serentak oleh Pemerintah Provinsi Kepri secara virtual, Senin (9/8/2021)

Baca : ODGJ Bakar Rumah Milik Orang Tuanya di Desa Bukit Belah Hingga Ludes, Ini Kata Camat Singkep Barat

Ketua tim Vaksinator Kabupaten Lingga dr. Yan Cahyadi Anas mengatakan dimana pencanangan vaksinasi dosis ketiga bagi tenaga kesehatan berlaku untuk seluruh Kabupaten/Kota di Kepri

“Disini kita melaksanakan dosis ketiga bagi tenaga kesehatan rumah sakit dan puskesmas dengan jenis vaksin moderna,” kata Yan

Baca : Vaksinasi Dosis Pertama, Pemkab Lingga Targetkan 600 Orang

Yan menuturkan bahwa target vaksin untuk jenis moderna ini sebanyak 845 nakes untuk kedepannya. Sementara untuk hari ini hanyan menghabiskan 6 vial.

“Untuk vaksin moderna yang kita bawa hari ini sebanyak 6 vial. Yang mana 1 vialnya berisikan untuk 15 orang,” jelas Yan.

Dijelaskan Yan, bahwa vaksin jenis moderna ini merupakan teknologi baru yang dibuat melalui proses rekayasa genetika MR MA dari covid-19.

“Kalau materi genetika dari virus ini merupakan virus yang dimurnikan kemudian diambil materi genetiknya dan itu lah yang disuntikkan,” jelasnya

Untuk efeknya sama seperti vaksin sinovac yakni mengalami demam ringan, rasa pegal di daerah suntikkan sampai daerah ketiak kemudian rasanya berdebar-debar dan sakit kepala.

“Namun efektifitas dari moderna ini sama cuma lebih unggul untuk melindung dari pada varian baru seperti varian delta. Dan untuk suntikkan keduanya menunggu 28 hari seperti vaksin sinovac,” bebernya (ndy)

Share.

Leave A Reply