Triwulan Pertama Kasus DBD Di Lingga Menurun

Pinterest LinkedIn Tumblr +

LINGGATERKINI.ID, Singkep – Sepanjang triwulan pertama tahun 2021 kasus Demam Berdarah Dengue (DBD) di Kabupaten Lingga mengalami penurunan dibandingkan tahun 2020 lalu.

Tercatat dari Januari hingga Juli 2021 ditemukan sebanyak 15 kasus demam berdarah untuk di Kabupaten Lingga.

Baca : Sepanjang 2021 Pernikahan Dini Di Lingga Meningkat

Kepala Seksi (Kasi) Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Menular Dinas Kesehatan Kabupaten Lingga Wirawan Trisna Putra mengatakan, untuk 15 kasus DBD tersebut tersebar di beberapa Kecamatan seperti Singkep, Lingga, Selayar dan Singkep Pesisir.

“Jadi berdasarkan laporan dari pengelolaan program DBD di Puskesmas dari Januari-Juli 2021 tercatat sebanyak 15 kasus demam berdarah,” kata Wirawan kepada LINGGATERKINI.ID, Senin (30/8/2021)

Baca : Capaian Vaksinasi Di Lingga 62,17 Persen, Ini Kata Kadinkes Lingga

Wirawan menuturkan kasus paling dominan berada di Kecamatan Singkep namun tidak terlalu signifikan. Sementara sepanjang tahun 2020 lalu ditemukan sebanyak 40 kasus demam berdarah.

“Kasus DBD untuk tahun 2021 ini mengalami penurunan dibandingkan 2020 lalu. Dan alhamdulilah sampai hari ini kasus meninggal duna akibat demam berdarah tidak ada,” jelas Wirawan.

Baca : Kasus Perceraian Di Kabupaten Lingga Tahun 2021 Meningkat, Ini Penyebabnya

Wirawan mengingatkan bahwa faktor cuaca seperti hujan memungkinkan nyamuk Aedes Aegypti dapat berkembang biak.

“Selain itu kebersihan lingkungan, lalu tempat-tempat penampungan air yang memang merupakan tempat berkembang biaknya nyamuk demam berdarah ini,” ujarnya (ndy)

Share.

Leave A Reply