Dinas PUPR Lingga Fokus Tangani Banjir di Singkep Tahun Ini

Pinterest LinkedIn Tumblr +

LINGGATERKINI.ID, Singkep – Dinas PUPR Kabupaten Lingga direncanakan tahun 2021 ini akan melaksanakan kegiatan normalisasi kolong/waduk di Batu Kacang untuk mengatasi banjir di kota Dabo, Kecamatan Singkep.

Baca : Wabup Lingga Sebut Tanaman Sorgum Tanaman Pangan Unggulan Kelas Dunia

Kadis PUPR Lingga Novrizal melalui Kepala Bidang SDA Ardi menjelaskan, mengingat permasalahan banjir yang ada dikota Dabo, pada tahun sebelumnya Dinas PUPR telah menyiapkan kegiatan penyusunan master plan pengendalian banjir di wilayah Kecamatan Singkep ini.

“Kita ingin membenahi dan mencari solusi dari permasalahan tersebut. Sementara ini titik lokasi banjir ada 12 titik yang menggenang,” kata Ardi, Kamis (2/9/2021)

Baca : Camat Singkep Barat Ajak Masyarakat Ayo Vaksin

Dijelaskan Ardi, 12 lokasi yang dimaksud yakni jalan bukit abun, bukit kapitan, jalan pelabuhan, belakang kantor BPJS, kantor kelurahan Dabo, jalan pelajar SMA 1 Singkep, lorong fajar, jalan hang lekir Sungai Lumpur, simpang patung, belakang SMA 2 Singkep, pertanian sungai lumpur serta jalan raya berindat.

“12 lokasi tersebut yang menjadi master plan kita di tahun 2021 ini,” jelasnya

Baca : Arkeolog Sumatra Utara Teliti Perahu Cagar Budaya Ditemukan Di Lingga

Ardi menuturkan, bahwa pihaknya sudah melakukan identifikasi di titik-titik genangan tersebut meliputi luas genangan, lama genangan, tinggi genangan dan pemecahan permasalahan genangan yang ada di Dabo singkep.

“Ini dilakukan agar kita nantinya bisa menyelesaikan permasalahan banjir ini lebih tepat,” bebernya

Pada musrenbang kecamatan sebelumnya, Kepala Dinas Pekerjaan Umum Penataan Ruang(PUPR)juga sudah menyampaikan kepada masyarakat tentang rencana kegiatan pada tahun ini.

Salah satu upaya yang dilaksanakan pada tahun 2021 ini adalah pembenahan di hulu aliran yakni lokasi kolong/waduk Batu Kacang.

“Ini menjadi prioritas kita untuk mengatasi debit air banjir yang melimpah ke kota Dabo khususnya, daerah Bukit Abun dan sekitarnya saat hujan,” ujarnya

“Untuk mengatasi banjir Pekerjaan tersebut kita lakukan bertahap. Kita membenahi drainase yang ada didabo seperti lokasi Simpang Patung yang saat ini sedang pembangunan drainase,” tambahnya

Pada tahun-tahun berikutnya Bupati dan Wakil Bupati Lingga juga meminta Dinas PUPR untuk fokus menangani permasalah banjir di kota Dabo ini.

Selain itu pemerintah Kabupaten Lingga juga melalui Dinas PUPR meminta bantun ke kemeterian PU melalui Balai Wilayah Sungai Sumatera IV ( BWSS IV ) untuk ikut serta penanggulangan banjir kota Dabo. (ndy)

Share.

Leave A Reply