RD Paschal Bersama KSD Gelar Lomba Video Kreatif Gurindam Dua Belas, Belasan Video Akan Dinilai

Pinterest LinkedIn Tumblr +

LINGGATERKINI.ID, Singkep – Lomba video kreatif Gurindam Dua Belas Raja Ali Haji yang digelar oleh RD. Paschal bekerja sama dengan Komunitas Sastra Dilaut (KSD) resmi ditutup pada Senin (30/8/2021) kemarin.

Lomba video kreatif Gurindam Dua Belas Raja Ali Haji ini diperlombakan untuk pelajar SMP dan SMA sederajat se-Kabupaten Lingga.

Ketua Komunitas Sastra Dilaut, Ayoe SW mengatakan ada belasan video kreatif pada lomba yang dikirim peserta.

“Ada 11 peserta dari beberapa sekolah yang mengirimkan karya mereka. Baik itu secara individu maupun tim dalam pembuatan video kreatif tersebut,” kata Ayoe, Kamis (2/9/2021)

Dijelaskan Ayoe adapun peserta yang mengirimkan hasil karyanya tersebut berasal dari MA Al Barakah Singkep, SMA Negeri 2 Singkep, MTs Aqidatunnajin Lingga, SMA Negeri 1 Singkep, SMAS Baitul Quran Dabo (3 tim), SMA Negeri 1 Singkep Barat, SMK Negeri 2 Lingga, dan MTs Negeri Lingga (2 tim).

Ayoe menjelaskan digelarnya lomba tersebut secara online karena mengingat pandemi Covid-19 yang masih ada hingga saat ini.

“Pelaksanaan lomba video ini kami lakukan secara online mengingat masih merebaknya pandemi Covid-19 di Kabupaten Lingga,” bebernya

Selain itu, Ayoe SW juga menuturkan bahwa saat ini video yang masuk akan mulai dilakukan proses penilaian oleh para juri yang telah ditetapkan sebelumnya.

“Lima orang juri, yaitu RD. Paschal, Alang Dilaut, Syaufi Anwar, Tengku Fadlan, dan Ayoe SW yang akan melakukan penilaian. Dan pasa Selasa, (7/9/2021), kita akan mengumumkan tiga video terbaik,” tutur Ayoe

Peserta yang telah mengirimkan video kreatifnya dan terpilih sebagai tiga video terbaik, masing-masing akan mendapatkan uang pembinaan beserta sertifikat dan buku karangan RD. Paschal.

“Masing-masing peserta dengan video terbaik akan mendapatkan uang pembinaan sebesar Rp1.000.000,00, buku karya RD.Paschal yang berjudul “Aneka Relasi Manusia Menurut Gurindam Dua Belas Raja Ali Haji”, dan sertifikat. Selain itu, seluruh peserta akan mendapatkan e-sertifikat. Pengumuman akan disampaikan melalui akun media sosial Komunitas Sastra Dilaut dan grup WA peserta lomba,” katanya

Ayoe berharap dengan digelarnya kegiatan lomba video kreatif bagi kalangan pelajar se-Kabupaten Lingga tersebut dapat menjadi semangat untuk kalangan pelajar agar lebih mengenal lagi sosok Raja Ali Haji.

“Kita harapkan dari lomba ini bisa menjadi pemantik semangat dan motivasi generasi muda untuk mengetahui sastra lama Melayu (gurindam) dan juga sosok pujangga yang berada di baliknya, yaitu Raja Ali Haji,” harapnya

Untuk memeriahkan kegiatan tersebut, anggota Komunitas Sastra Dilaut juga ikut meramaikan jalannya lomba video kreatif tersebut. Namun dalam lomba video kreatif saat ini, video dari anggota Komunitas Sastra Dilaut tidak diikutkan dalam lomba tersebut.

“Ada 6 Video dari anggota Komunitas Sastra Dilaut mereka diikutkan namun tidak untuk dinilai. Melainkan anak-anak yang tergabung dalam Komunitas sebagian besar pelajar tetap bisa berkreasi,” ungkapnya (ndy)

Share.

Leave A Reply