Temenggung Sri Maharaja Kesultanan Riau-Lingga Akan Segera Ditabal.

Pinterest LinkedIn Tumblr +

LINGGATERKINI.COM – Perhimpunan zuriat dan kerabat Kesultanan Riau Lingga, dalam waktu dekat akan melakukan penabalan terhadap ir.H.Tengku Nazwar, MM.MBA ibni H.Tengku Usman sebagai Tumenggung Sri Maharaja Kesultanan Riau Lingga.

ir.H.Tengku Nazwar, adalah merupakan keturunan dari yang dipertuan besar atau dari jalur bendahara.

Penabalan tersebut juga merupakan hasil musyawarah Diraja pada tahun 2021 lalu, yang mana Tengku Nazwar sendiri memiliki jalur dan silsilah yang kuat, dan dipandang layak serta mampu untuk memegang jabatan sebagai Tumenggung Sri Maharaja Kesultanan Riau Lingga.

Budayawan Perhimpunan dan Kerabat Kesultanan Riau Lingga Prof. Abdul Malik, mengatakan, salah satu syarat untuk menjadi Tumenggung Sri Maharaja Kesultanan Riau Lingga harus dan diwajibkan mempunyai keturunan Tengku, seperti yang sudah di putuskan musyawarah pada Paraja sebelumnya di Pulau Penyengat.

‘’Untuk sekarang yang terpilih adalah Tengku Nazwar dikarenakan beliau mempunyai semangat yang besar serta komitmen dan juga cocok menjabat sebagai, Tumenggung Sri Maharaja Kesultanan Riau Lingga,” kata Abdul Malik.

Ditambahkan Abdul Malik, Kepulauan Riau atau kesultanan Riau mengadopsi adat Melayu Ketemenggungan dari keturunan Tengku dari jalur bapak, bukan adat perpatih seperti yang dipakai di Sumatra barat, yakni jalur ibu.

“Untuk mengadopsi adat melayu ketemenggungan dari keturunan Tengku dari jalur bapak,” jelasnya

Abdul Malik berharap pasca penabalan nanti, keberadaan Temunggung Sri Maharaja Kesultanan Riau-Lingga dapat memberikan dampak positif.

“Salah satunya dalam hal memelihara adat-istiadat Kesultanan di Kabupaten Lingga, kita juga menghendaki Zuriat Kerabat dapat terus berhimpun guna memberikan kontribusi positif bagi kemajuan Negeri Bunda Tanah Melayu,” tuturnya (Ade Bakong)

Share.

Leave A Reply