Kesbangpol Lingga Gelar Dialog Kebangsaan Dalam Pemantapan Pancasila di Desa Benan

Pinterest LinkedIn Tumblr +

LINGGATERKINI.COM – Badan Kesatuan Bangsa dan Politik Kabupaten Lingga kembali menggelar dialog kebangsaan dalam pemantapan ideologi pancasila.

Kegiatan tersebut mengusung tema Pengawasan Aliran Kepercayaan dan Aliran Keagamaan (Pakem) Kabupaten Lingga Tahun 2023

Yang digelar di gedung pusat oleh-oleh Desa Benan, Kecamatan Katang Bidare, Kabupaten Lingga, Provinsi Kepulauan Riau, Kamis (5/10/2023)

Kesbangpol Lingga Gelar Dialog Kebangsaan Dalam Pemantapan Pancasila di Desa Benan (Foto : Istimewa)

Kaban Kesbangpol Kab. Lingga Jasmat mengatakan, bahwa pentingnya memahami dan menghargai keberagaman yang ada di Indonesia sebagai landasan utama kekuatan bangsa

“Sebab bangsa Indonesia merupakan bangsa yang multikultural dan pluralis, Keanekaragaman ras, suku, etnis, agama, dan budaya merupakan unsur-unsur pembentuk negara kita, peran setiap warga negara dalam mempertahankan Kebhinekaan menjadi tanggung jawab bersama untuk menjaga persatuan dan kesatuan bangsa,” katanya

Ia berharap setelah mengikuti program ini, masing-masing dapat berkontribusi dalam percepatan proses pembauran kebangsaan dan pelestarian Bhinneka Tunggal Ika dalam bingkai NKRI.

“Yang dapat membangun masa depan Indonesia yang lebih baik, maju, dan bermartabat serta didukung oleh semangat persatuan dan kesatuan dalam keberagaman,” ujarnya

Kabid Ideologi, Wawasan Kebangsaan dan Ketahanan Ekonomi Sosial Budaya dan Agama Andi Suryadi mengatakan, dialog kebangsaan dalam pemantapan ideologi pancasila di kecamatan katang bidare merupakan momentum bersama untuk lebih jauh memahami makna nilai-nilai pancasila.

“Serta merefleksikan hal-hal yang telah dan harus kita lakukan guna menjiwai dan mengamalkan nilai-nilai pancasila,” katanya

Dimana pembumian nilai-nilai Pancasila perlu di ambil sebagai langkah prioritas sehingga nilai pancasila tak sekedar melangit tetapi juga membumi. 

“Harapan kami masyarakat katang bidare terus menjaga nilai-nilai tolong menolong, toleransi kerukunan antar umat beragama, saling menghormati dengan sesama dan menciptakan keamanan lingkungan yang kondusif,” jelasnya (Wn)

Share.

Leave A Reply