Peran Manajemen Kinerja Dalam Meningkatkan Sumber Daya Manusia

Pinterest LinkedIn Tumblr +

Penulis : Fera Uswatun Khasanah

Prodi : Manajemen

Semester: V

Perguruan Tinggi : STIE Kota Tanjungpinang 

Manajemen kinerja diartikan sebagai bentuk yang dapat mengontrol suatu manajemen dari organisasi atau perusahaan.

Dalam hal ini, manajemen kinerja mempunyai fokus utama terhadap perencanaan dan sebuah peningkatan kinerja di masa depan, dengan adanya penerapan manajemen kinerja dalam sebuah perusahaan dapat memberikan perubahan dan manfaat yang berdampak baik bagi perusahaan tersebut.

Khususnya manajamen kinerja yang di terapkan untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia, karena sebuah perusahaan yang baik tidak hanya di ukur dari pola manajemen kinerja yang diterapkan saja, tetapi di ukur pula dengan tingkat sumber daya manusia nya.

Penerapan manajemen kinerja yang tersusun dan terarah dapat menghasilkan sumber daya manusia yang berkompeten dan termotivasi untuk bekerja dengan senang hati dan tidak terbebani, peranan manajemen kinerja dapat berupa menyesuaikan tujuan perusahaan dan tujuan karyawan dari suatu perusahaan secara jelas dan rinci.

Sehingga para karyawan dapat menyelesaikan pekerjaannya dengan terarah, memberikan dukungan berupa pelatihan dan pengembangan skill karyawan, sehingga dengan adanya pelatihan karyawan mampu memberikan motivasi kerja pada karyawan.

Maka terciptalah karyawan atau sumber daya manusia yang berkualitas dan unggul. Adapun hakikat dari manajemen kinerja adalah bagaimana sebuah organisasi atau perusahaan dapat mewujudkan tujuan yang sudah ditetapkan sebelumnya.

Pengelolaan sumber daya manusia adalah komponen yang paling vital, sebab kunci pertahanan dari suatu perusahaan adalah sumber daya manusianya.

Manajemen kinerja mempermudah pengorganisaisan dan mampu mengatur tugas dan tanggung jawab yang perlu dijalankan. Manajemen kinerja juga berperan besar dalam pengawasan dan mengevaluasi kinerja, sebab dalam suatu perusahaan pengawasan adalah hal yang paling penting untuk dilakukan, agar memudahkan atasan memantau dan mengawasi secara langsung kinerja bawahannya, jika adanya kesalahan maka atasan perlu melakukan sebuah evaluasi atau penilaian dan dicarikan solusi agar dapat memperbaiki kesalahan tersebut.

Peranan lainnya, dengan adanya manajemen kinerja mampu meningkatkan motivasi dan semangat kerja karyawan, berupa diberikannya reward atau penghargaan atas kinerja karyawan dalam bentuk kenaikan gaji, bonus dan penghargaan lainnya.

Dengan mengorganisir dan mengatur tujuan perusahaan, menetapkan tujuan yang jelas, melakukan pengawasan dan mengadakan penilaian berupa evaluasi kinerja serta mampu meningkatkan motivasi kerja pada sumber daya manusia yang ada pada sebuah organisasi atau perusahaan, dengan adanya peran dari manajemen kinerja menciptakan lahirnya sumber daya manusia yang kompeten dan mampu bersaing dalam perkembangan sebuah Perusahaan.

¹STIE, Pembangunan, Tanjungpinang, Indonesia

Email: ¹ferauswatunkhasanah390@gmail.com

Share.

Leave A Reply