PKK Desa Tanjung Harapan Gelar Lomba Masak Lempeng Di Momen Hari Ibu

Pinterest LinkedIn Tumblr +

LINGGARTERKINI.COM – Dalam rangka memperingati Hari Ibu, PKK Desa Tanjung Harapan menggelar lomba memasak lempeng.

Memasak lempeng sagu tersebut untuk mencerminkan adat budaya melayu yang ada di Desa Tanjung Harapan.

PKK Desa Tanjung Harapan Gelar Lomba Masak Lempeng Di Momen Hari Ibu (Foto : Wandi)

Ketua TP-PKK Desa Tanjung Harapan Fahrumiyati mengatakan, kegiatan lomba memasak lempeng yang diselenggarakan oleh Pemerintah Desa Tanjung Harapan melalui TP-PKK Desa Tanjung Harapan tersebut dalam rangka memperingati Hari Ibu tahun 2023.

“Perlombaan ini salah satu upaya kami dalam melestarikan warisan kuliner tradisional khas melayu tentu diharapkan dapat diterapkan di kehidupan sehari-hari,” katanya, Selasa (26/12/2023)

Ketua PKK Desa Tanjung Harapan Fahrumiyati saat diwawancarai (Foto: Wandi)

Peserta perlombaan ini, dijelaskan Ketua TP PKK Desa Tanjung Harapan terbagi menjadi empat kelompok, yaitu Pokja 1 hingga Pokja 4.

“Dimana setiap kelompok diberi tantangan untuk memasak lempeng dengan berbagai macam bahan dasar seperti sagu, ubi jalar, dan pisang,” ujarnya

PKK Desa Tanjung Harapan Gelar Lomba Masak Lempeng Di Momen Hari Ibu (Foto : Wandi)

Selain itu, lempeng tersebut juga dilengkapi dengan lauk-pauk tradisional seperti masakan gulai ikan pari, ikan hiu, ikan selar, ikan masin masak asam, ikan tamban masak asam, dan berbagai jenis ikan lainnya, masakan khas Melayu.

“Kami sengaja mengangkat masakan tradisional ini sebagai perlombaan karena ingin melestarikan masakan khas Melayu,” ungkapnya.

Untuk kriteria penilaian mencakup dekorasi stand tempat memasak, kostum memasak, cita rasa kuah dari lempeng yang disajikan, dan cara penyajian yang bernuansa Melayu.

“Ini tidak hanya sekadar perlombaan, akan tetapi juga untuk membangkitkan suasana kampung Melayu dan melestarikan kearifan lokal,” jelasnya

Ketua TP-PKK Desa Tanjung Harapan juga mengucapkan terima kasih atas kerjasama PKK Desa Tanjung Harapan serta masyarakat yang senantiasa kompak, Fahrumiyati juga mengucapkan terimakasih atas dukungan Pemerintah Desa Tanjung Harapan dalam mendukung program kerja TP-PKK Desa Tanjung Harapan.

“Kami berharap PKK Desa Tanjung Harapan tetap kompak dan dapat membiasakan setiap rumah menyiapkan hidangan khas Melayu agar tradisi kuliner ini terus terjaga dan terlestarikan,” harapnya.

Selain lomba memasak, kegiatan ini juga melibatkan kepedulian sosial. Sebagai bagian dari peringatan Hari Ibu, Tim Penggerak PKK Desa Tanjung Harapan turut ambil bagian dengan membagikan bahan pokok makanan kepada warga, terutama yang berusia di atas 70 tahun. (Wn)

Share.

Leave A Reply