UPA Bahasa UMRAH Visitasi Program BIPA Darmasiswa dari Kemendikbud RI

Pinterest LinkedIn Tumblr +

Linggaterkini.com, Tanjungpinang – Unit Penunjang Akademik (UPA) Bahasa Universitas Maritim Raja Ali Haji (UMRAH) visitasi program Bahasa Indonesia bagi Penutur Asing (BIPA) Darmasiswa dari Kemendikbud RI.

Program Darmasiswa ini bertujuan untuk mempromosikan dan meningkatkan minat terhadap bahasa dan budaya Indonesia di kalangan pemuda negara-negara lain yang diselenggarakan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) bekerja sama dengan Kementerian Luar Negeri (Kemenlu).

Kepala UPA Bahasa UMRAH, Dr. Dody Irawan, S.Pd., M.Pd, M.Hum. menyampaikan, bahwa program Darmasiswa ditawarkan kepada seluruh pelajar asing dari negara-negara yang mempunyai hubungan diplomatik dengan Indonesia untuk belajar Bahasa, Seni, dan Budaya.

“Peserta dapat memilih salah satu universitas pilihan yang berlokasi di berbagai kota di Indonesia,” ujarnya, Sabtu (16/12/2023).

Baca juga: Polisi Ringkus Pelaku Pencabulan Anak Dibawah Umur

Dia menambahkan, bahwa program ini dirancang selama setahun secara komprehensif dan memastikan mahasiswa akan mendapatkan pengalaman yang tidak terlupakan.

“Diakhir program mahasiswa tidak hanya dapat berbicara dalam bahasa Indonesia, tetapi juga memahami budaya dan pola kehidupan masyarakat maritim melalui berbagai kegiatan pengenalan dan kunjungan ke berbagai tempat dan pusat budaya ternama di Kepulauan Riau,” tuturnya.

Dia berharap dengan dilaksanakannya visitasi program Darmasiswa dari Kemendikbud RI, UPA Bahasa UMRAH dapat menjadi Mitra pelaksanaan program Darmasiswa.

“Sehingga tahun depan UMRAH sudah bisa menerima mahasiswa asing untuk belajar bahasa dan budaya di Tanah Melayu Kepulauan Riau, khususnya di kampus UMRAH,” harapnya. (aji)

Share.

Leave A Reply