Tugu Cangkul Di Desa Sungai Besar Akan Di Rehab

Pinterest LinkedIn Tumblr +

LINGGATERKINI.COM – Pemerintah Kabupaten Lingga melalui Dinas Pekerjaan Umum dan Tata Ruang atau PUTR Lingga tengah melalukan kajian untuk memperbaiki tugu cangkul yang berada di Desa Sungai Besar, Kecamatan Lingga Utara.

Dikhawatirkan tugu tersebut akan tumbang jika tidak dilakukan perbaikan. Namun di tahun 2023 lalu, Dinas PUTR Lingga telah menggelontorkan anggaran kurang lebih Rp400 juta rupiah untuk merehab bagian bawah dari monumen tugu cangkul tersebut.

“Setidaknya sudah dilakukan upaya untuk memperindah tugu tersebut meski belum maksimal,” kata Kepala Dinas PUTR Lingga Novrizal saat dikonformasi, Jumat (26/1/2024).

Dijelaskannya, untuk layar dari tugu cangkul tersebut juga diturunkan oleh Dinas PUTR Lingga karena pada 2023 lalu pada saat akan merebah pihaknya keterbatasan anggaran.

“Karena takut membahayakan masyarakat maka layar tersebut diturunkan,” ujarnya.

Novrizal mengatakan, untuk kelanjutan rehab tugu cangkul masih dalam tahap kajian.

“Tentunya dalam melakukan rehab harus difikirkan secara matang agar hasilnya juga jauh lebih baik,” jelasnya.

Untuk diketahui, Tugu Cangkul yang juga dikenal sebagai Tugu Agro Minapolitan ini menjadi simbol penting dari warisan pertanian di bumi bunda tanah melayu.

Yang mana tugu cangkul terletak di Desa Sungai Besar, Kecamatan Lingga Utara, tugu ini telah menjadi bagian integral dari identitas Kabupaten Lingga. (Wn)

Share.

Leave A Reply