Penantian 50 Tahun, PDAM Tirta Lingga Groundbreaking Pipa Induk Embung Gemuruh

Pinterest LinkedIn Tumblr +

LINGGATERKINI.COM – PDAM Tirta Lingga melakukan groundbreaking pekerjaan optimalisasi pemanfaatan embung gemuruh pipa transmisi air baku dabo Singkep.

Seremonial kegiatan tersebut dilaksanakan di PDAM Tirta Lingga, di Kecamatan Singkep, Kabupaten Lingga, Sabtu (8/6/2024).

Baca Juga : Dinas PUTR Lingga Buat FS Untuk Bangun Jalan Menuju Desa Tanjung Irat

Untuk diketahui bahwa pipa transmisi atau pipa induk yang saat ini digunakan itu dibangun sejak 1974. Sehingga kurang lebih 50 tahun masyarakat menggunakan air tersebut.

Yang mana hingga saat ini pipa tersebut belum pernah dilakukan pergantian. Namun berkat kolaborasi dari Dinas PUTR Lingga dan PDAM Tirta Lingga yang terus mengusulkan ke Kementerian PUPR melalui BWSS IV Batam sehingga pergantian pipa induk tersebut baru terealisasi di tahun 2024 ini.

Baca  juga : Ketua DPRD Lingga Pertanyakan Kelanjutan Pemekaran 2 Kecamatan Setelah 4 Tahun Disahkan, Aktivis Lingga: Kenapa Baru Nanya Sekarang?

Kepala SNVT Pelaksanaan Jaringan Pemanfaatan Air BWSS IV BAtam, Asyari mengatakan, untuk progres pengerjaannya sampai hari sudah 10,2 persen.

“Yang mana peruntukkannya, untuk suplai air baku di embung gemuruh ke rumah-rumah warga di Dabo Singkep,” katanya.

Foto bersama usai diresmikannya pengerjaan pipa induk (Foto : Wandi)

Dijelaskannya, untuk panjang pipa tersebut 7.600 meter atau 7,6 km dengan kapasitas 10 liter perdetik.

“Dengan harapan di akhir November 2024 bisa selesai 100 persen,” ujarnya,

Sementara itu, Bupati Lingga M. Nizar mengucapkan terimakasih kepada Kementerian PUPR khususnya BWSS IV Batam yang telah mengakomodir dari usulan-usulan yang telah diajukan.

“Sebab berdirinya PDAM Tirta Lingga ini belum pernah terjadi pergantian pipa induk dan alhamdulillah di 2024 baru terealisasi,” ungkapnya.

Nanti ini pekerjaan esesting yang 8 km dari mulai air baku sampai di tempat penampungan yang ada hari ini masih dapat di manfaatkan.

“Tentu kita berharap dengan pipa yang tidak bocor ini dapat memberikan efek yang bagus, pelayanan yang bagus untuk penggunaan air bersih gugusan kora Dabo Singkep,” jelasnya.

Bupati Lingga M. Nizar bersama Kepala SNVT Pelaksanaan Jaringan Pemanfaatan Air BWSS IV BAtam, Asyari melakukan penanaman pipa tanda dimulainya pengerjaan. (Wn)

Share.

Leave A Reply