12 Warga Lingga Terkonfirmasi Positif Covid-19

Pinterest LinkedIn Tumblr +

Linggaterkini.id – Kabupaten Lingga kembali terkonfirmasi positif Covid-19 sebanyak 12 orang.

Dimana 5 orang berkontak erat dengan pasien 071 Ny. M yang positif Covid-19, kelima orang tersebut yakni pasien 074 Ny. SR(35), pasien 075 Ny. FD (37), pasien 076 Ny DS (37), pasien 077 Ny. M (68), dan pasien 078 Ny. IT (35) kelimanya merupakan warga Kecamatan Singkep.

“Saat ini kelima pasien positif Covid-19 tersebut dalam pemantauan petugas kesehatan puskesmas Dabo Lama,” kata Ketua Satgas Covid-19 Kabupaten Lingga, M. Nizar melalui rilisnya.

Selanjutnya, pasien 072 Ny. RE (44) asal Kecamatan Singkep sempat mengalami gejala deman, batuk, pilek, sesak nafas, lemah dan dilakukan swab antigen dinyatakan positif.

“Yang bersangkutan juga dalam pemantauan petugas kesehatan RSUD Dabo Singkep Kabupaten Lingga,” jelasnya.

Lalu perempuan asal Kecamatan Singkep Barat yang merupakan pasien 073 Ny. J (37) dimana pasien mengalami gejala batuk, pilek, dan anosmia.

“Pada saat berobat ke PKM Raya dan dilakukan swab antigen didapati pasien positif Covid-19. Yang bersangkutan juga dalam pemantauan petugas kesehatan PKM Raya,” bebernya

Lalu, tiga orang asal Kecamatan Singkep Pesisir melakukan perjalanan (sewa kapal) dengan swab antigen positif pada Jumat (23/4/2021) di klinik Belinyu Bangka.

Lalu dilakukan swab PCR oleh petugas PKM lanjut pada Selasa (27/4/2021) ketiganya dinyatakan positif Covid-19.

“Ketiganya yakni, pasien 079 Tn. H (47), pasien 080 Tn. M (62) dan pasien 081 Ny. R (47). Saat ini ketiganya dalam pemantauan petugas kesehatan PKM lanjut,” ungkapnya.

Lanjut, pasien 082 Ny. H (43) asal Kecamatan Singkep sempat mengalami gejala sakit tenggorokan, sakit kepala, lemah, nyeri otot, nyeri abdomen.

“Pasien ini berkontak erat dengan pasien 072 Ny. RE. Setelah dilakukan swab antigen yang bersangkutan positif Covid-19. Pemantauan dilakukan oleh petugas kesehatan PKM Dabo lama,” beber Nizar.

Sementara pasien 083, Ny. A (35) asal Kecamatan Singkep mengalami kontak erat dengan pasien positif Covid-19 asal Kabupaten Karimun yang merupakan suami pasien.

“Setelah dilakukan swab antigen pasien dinyatakan positif Covid-19. Dan saat ini yang bersangkutan dalam pemantauan petugas kesehatan PKM Dabo Lama,” katanya.

Nizar menghimbau kepada seluruh masyarakat Kabupaten Lingga untuk disiplin protokol kesehatan tetap memakai masker, menjaga jarak, dan tidak berkumpul di keramaian.

“Pandemi Covid-19 belum berakhir, maka kami mengimbau untuk tetap disiplin menerapkan protokol kesehatan, pakai masker, jaga jarak, dan cuci tangan pakai sabun,” ajaknya

Dia juga berpesan jika melakukan perjalanan dari dan ke wilayah transmisi lokal selama 14 hari terakhir dan atau timbul gejela Covid-19 segera lapor petugas kesehatan setempat agar mendapat penanganan lebih lanjut. (Wandy)

Share.

Leave A Reply