Perayaan Idul Adha Ditengah Pandemi Covid-19, Diperkirakan Jumlah Hewan Qurban Di Lingga Menurun

Pinterest LinkedIn Tumblr +

LINGGATERKINI.ID, Singkep – Jumlah hewan qurban di Kabupaten Lingga kemungkinan menurun untuk tahun 2021.

Sebab untuk tahun 2020 lalu jumlah hewan qurban di Kabupaten Lingga sebanyak 360 ekor. Sementara untuk tahun ini masih proses pengumpulan dari masing-masing Kecamatan.

“Kita belum dapat memastikan berapa jumlah hewam qurban di Kabupaten Lingga sebab saat ini masih tahap proses pendataan dari masing-masing Kecamatan,” kata Kepala Kantor Kementerian Agama Lingga, Muhammad Nasir, Rabu (14/7/2021)

Nasir juga memperkirakan, bahwa untuk tahun ini kemungkinan terjadi penurunan jumlah hewan kurban di Lingga.

“Hal itu terkait kesulitan ekonomi di tengah wabah, ataupun harga daging sapi yang sedikit naik,” katanya

Sementara untuk perayaan hari raya Idul Adha ditengah pandemi Covid-19 sedikit berbeda dibandingkan tahun-tahun sebelumnya.

Pasalnya meski sholat idul adha diperbolehkan dengan mentaati protokol Kesehatan Covid-19 yang ketat, namun untuk takbir keliling ditidakan.

Untuk perayaan idul adha ini mengacu kepada Surat Edaran Menteri Agana nomor 15 tahun 2021 yakni pelaksanaan qurban.

“Kalau untuk kurban sesuai SE Menteri Agama, diantaranya yaitu pelaksanaan qurban itu, yang datang hadir waktu penyembelihan, hanya peserta qurban dan beberapa orang (panitia-red) tukang sembelih,” bebernya

Lalu untuk pendistribusian daging qurban panitia harus mengantarkan kerumah-rumah warga. Jadi tidak melalui kupon dan tidak mengumpulkan banyak orang.

“Jadi tidak melalui kupon lagi dan tidak mengumpulkan banyak orang. Yang hadir nanti hanya 2 komponen yakni peserta dan panitia,” ujar Nasir (ndy)

Share.

Leave A Reply