Dinsos Lingga Kunjungi Orang Terlantar di Desa Persiapan Kebun Nyiur

Pinterest LinkedIn Tumblr +

LINGGATERKINI.COM – Dinas Sosial, Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Kabupaten Lingga mengunjungi keluarga terlantar di wilayah Desa Persiapan Kebun Nyiur, Kecamatan Singkep, selasa (13/09/2022).

Kepala Dinsos PPPA Lingga melalui Kabid Pemberdayaan Sosial dan Penanganan Fakir Miskin, Aswin mengatakan bahwa warga terlantar tersebut dalam kondisi sakit (stroke ke-2 kali) dan hanya tinggal bersama istrinya.

“Jadi nama warga tersebut pak Wastar dan istrinya Ibu Tarsih. Pak Wastar tersebut saat ini dalam kondisi sakit, stroke yang kedua kalinya, sehingga membuat seluruh tubuhnya hampir tidak bisa bergerak, sedangkan istrinya tidak bisa bekerja karena harus merawat pak Wastar yang sakit, mereka tergolong orang terlantar karena mengalami kesulitan yang bersifat sosial, ekonomi atau psikologis serta tidak memiliki kemampuan untuk mengatasi kesulitannya,” kata Aswin.

Aswin menjelaskan bahwa saat ini ia telah dihubungi oleh pihak keluarga pak Wastar dan pihak Dinsos dari Provinsi NTB yang merupakan daerah asal pak Wastar.

“Jadi kami juga sudah menjalin komunikasi dengan pihak keluarga pak Wastar yang berasal dari Provinsi Nusa Tenggara Barat tepatnya di Kabupaten Lombok Timur, pihak Dinsos dari Kabupaten Lombok Timur juga menyatakan benar bahwa pak Wastar merupakan warga asal mereka dan keluarga Pak Wastar berada disana. Mereka berharap agar Pak Wastar dapat pulang ke kampung halamannya untuk dirawat oleh keluarga di Lombok Timur,” ungkap Aswin.

Kemudian, Aswin melanjutkan bahwa proses untuk memulangkan pak Wastar ke Lombok, Dinsos Lingga tidak memiliki anggaran oleh karena itu Dinsos Lombok Timur bersedia untuk membantu biaya pemulangan Pak Wastar beserta istrinya.

“Setelah melakukan komunikasi dengan Dinsos Lombok Timur, Dinsos Lombok Timur bersedia untuk membantu biaya pemulangan Pak Wastar beserta istrinya, sekaligus untuk seorang pendamping dari Lingga. Nantinya Pihak keluarga dan Dinsos Lombok Timur akan menjemput Pak Wastar di Bandara Kota Batam dan kita mengantarkan beliau dari Lingga sampai di Batam saja, semua biaya perjalanan akan di bantu oleh mereka karena kita Dinsos Lingga saat ini memang tidak memiliki anggaran sama sekali untuk itu,” terang Aswin.

Selain itu, Aswin juga menjelaskan bahwa ia juga sudah berkoordinasi dengan Dinas Kesehatan terkait kesehatan Pak Wastar dan proses pemulangan pak Wastar nantinya.

“Jadi, setelah menemui Pak Wastar tadi, kami langsung menuju ke Dinas Kesehatan untuk berkoordinasi terkait kesehatan dan proses pemulangan pak Wastar beserta istrinya, mengenai vaksinasi dan surat keterangan kesehatan Pak Wastar serta peminjaman kursi roda untuk membawa Pak Wastar nantinya,” tutur Kabid Dayasos dan PFM Dinsos Lingga.

Aswin berharap proses pemulangan pak Wastar beserta istrinya berjalan lancar dan pak Wastar dapat dirawat dengan baik dan sehat kembali ketika nanti telah berada di kampung halamannya.

“Kita berterima kasih kepada pihak Dinsos Lombok Timur, Provinsi NTB karena merespon cepat terkait kondisi warga asal mereka di Kabupaten Lingga, kita berharap proses pemulangan pak Wastar berjalan dengan baik dan lancar serta nantinya pak Wastar bisa kembali sehat sedia kala,” harap Aswin. (Wn)

Share.

Leave A Reply