Capaian Vaksinasi Booster Rendah, Dinkes Lingga Rakor Lintas Kecamatan

Pinterest LinkedIn Tumblr +

LINGGATERKINI.COM – Guna mendorong peningkatan cakupan vaksinasi Covid-19 di Lingga yang masih rendah, Dinas Kesehatan Kabupaten Lingga gelar repat koordinasi Capaian Vaksinasi Booster bagi masyarakat di tingkat Kecamatan.

Rendahnya capaian Vaksinasi khususnya Booster di Kabupaten Lingga disebabkan oleh beberapa faktor diantaranya masih rendahnya minat dan kesadaran masyarakat tentang pentingnya Vaksinasi.

Kepala Seksi Surveilans Dan Imunisasi Dinas Kesehatan Kabupaten Lingga Desy Rianti mengatakan, rendahnya capaian vaksinasi di Lingga dikarenakan Vaksinasi tersebut dilaksanakan hanya sesuai kepentingan masyarakat.

“Saat ini minat masyarakat, dimana vaksinasi ini mereka laksanakan hanya berdasarkan kepentingan. Dan bagi masyarakat yang tidak ada keperluan keluar maka mereka tidak vaksinasi,” katanya

Diakuinya, bahwa para petugas sedikit kesulitan untuk melaksanakan vaksinasi karena sasarannya yang tidak bersedia di vaksin.

“Kalau untuk Kabupaten Lingga kita baru mencapai angka 18,44 persen dan itu menunjukkan angka per kecamatan juga masih rendah belum mencapai target,” jelasnya

Sementara Itu, Camat Singkep Barat Febrizal Taufik menegaskan pasca rapat koordinasi bersama Dinkes Lingga dan beberapa pihak terkait pihaknya akan segera turun ke lapangan untuk melakukan sinkron dan verifikasi data masyarakat yang belum melakukan vaksin.

“Kita sudah memerintahkan kepada jajaran di Kecamatan dan Desa untuk segera memverifikasi data masyarakat yang belum melaksanakan vaksinasi booster,” katanya

Dijelaskan Taupik bahwa hari ini dilaksanakan sosialisasi terlebih dahulu dan kelengkapan data agar saat turun ke setiap desa tidak sia-sia.

“Tentunya ketersediaan stok sangat mempengaruhi terhadap capaian vaksinasi tersebut,” jekasny

Selain beberapa faktor diatas letak geografis dan kondisi alam serta banyaknya sasaran yang telah mendapat Dosis I dengan do yang cukup banyak juga ikut mempengaruhi rendahnya capaian vaksinasi Booster di Kabupaten Lingga. (Wn)

Share.

Leave A Reply