Bapenda Lingga Rapat Optimalisasi PAD Bersama OPD Penghasil  

Pinterest LinkedIn Tumblr +

LINGGATERKINI.COM – Badan pendapatan daerah Kabupaten Lingga mengadakan rapat optimalisasi pendapatan asli daerah kepada OPD penghasil di Kabupaten Lingga.

Kegiatan dilaksanakan di One Hotel Dabo, Kecamatan Singkep, Kabupaten Lingga, Kamis (1/12/2022)

Kepala Badan Pendapatan Daerah Kabupaten Lingga, Sumiarsih melalui, Kabid Pendataan Dan Penetapan Bapenda Lingga Agustiar mengatakan, bahwa kegiatan tersebut merupakan kegiatan rutinitas dari Bapenda.

“Dengan tujuan untuk mengetahui sejauh mana pencapaian realisasi kita dari target baik itu pajak daerah maupun retribusi daerah,” kata Agustiar

Dijelaskan Agustiar bahwa pihaknya mengundang OPD penghasil, Kecamatan bertujuan untuk mengetahui sejauh mana realisasi capaian target yang telah ditentukan selama 2022 ini.

“Seperti Dinas Perhubungan, Dinas Kebudayaan, Dinas Pariwisata, Diskominfo, Disperindag, dinas kesehatan yang menghasilkan retribusi, sebab pungutan retribusi itu beradanya di OPD,” jelasnya

Dikatakan Agustiar bahwa dalam capaian realisasi retribusi ada beberapa OPD yang sudah over target dan ada OPD yang belum tercapai, namun persentasenya mendekati target.

“Yang belum mencapai target itu seperti Dinas perhubungan,” ucapnya

Maka melalui rapat optimalisasi ini pihaknya mempertanyakan apa yang menjadi hambatan sehingga realisasi retribusi tersebut tidak mencapai dari target yang ditetapkan.

“Karena retribusi merupakan salah satu komponen pendapatan daerah dan pendapatan ini untuk pembangunan daerah kita di Kabupaten Lingga,” ungkapnya.

Dan saat ini untuk target Pendapatan Asli Daerah Kabupaten Lingga sebesar Rp 46.309.511.880, namun yang terealisasi dari Januari hingga Oktober 2022 sebesar Rp 28.555.791.647,87 atau sebesar 61,66 persen.

“Dan untuk persentase sudah mencapai 61,66 persen per Oktober 2022,” tuturnya (Wn)

Share.

Leave A Reply