Kepala Diskominfo Lingga Buka Kegiatan Bimtek SIA SPBE V.2

Pinterest LinkedIn Tumblr +

LINGGATERKINI.COM – Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kabupaten Lingga, Izjumadillah, secara resmi membuka kegiatan Bimbingan Teknis (Bimtek) Sistem Informasi Arsitektur (SIA) SPBE Versi 2 di Media Center Kabupaten Lingga.

Baca Juga : Dinkes Lingga Terus Berbenah Tingkatkan Fasilitas Kesehatan

Kegiatan yang berlangsung mulai tanggal 10 hingga 20 Juni 2024 ini bertujuan untuk mendukung penerapan Integrasi Sistem Pemerintah Berbasis Elektronik (SPBE) yang diharapkan dapat mendukung keterpaduan layanan digital nasional.

Izjumadillah mengatakan, pentingnya tata kelola SPBE untuk mewujudkan pemerintahan yang bersih, efektif, transparan, dan akuntabel.

“Tata Kelola SPBE sangat diperlukan demi pelayanan publik yang berkualitas dan terpercaya. Tata kelola ini memastikan penerapan unsur-unsur SPBE secara terpadu, salah satu unsur pentingnya adalah Arsitektur SPBE,” katanya.

Baca Juga : Penantian 50 Tahun, PDAM Tirta Lingga Groundbreaking Pipa Induk Embung Gemuruh

SIA Versi 2 SPBE diperkenalkan sebagai aplikasi yang membantu Kabupaten Lingga dalam perencanaan, pembangunan, dan pengelolaan SPBE secara terintegrasi.

Izjumadillah menjelaskan beberapa keunggulan aplikasi ini, seperti memastikan semua kegiatan perencanaan berlandaskan arsitektur SPBE yang mencakup aplikasi, infrastruktur, dan keamanan.

“Selain itu, aplikasi ini membantu dalam evaluasi Reformasi Birokrasi (RB) dan belanja Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK), serta penyusunan anggaran yang lebih efisien,” jelasnya.

Izjumadillah mengharapkan, agar melalui Bimtek ini, Pemerintah Daerah Kabupaten Lingga dapat menggunakan aplikasi SIA Versi 2 SPBE terbaru untuk menyusun Arsitektur SPBE di masing-masing perangkat daerah.

“Kami berharap setelah Bimtek ini, Kabupaten Lingga dapat meningkatkan tata kelola SPBE yang lebih baik dan efisien, serta membuat Peta Rencana SPBE Kabupaten Lingga lebih tersusun dan termanajemen dengan baik. Ini juga mendukung tercapainya target Reformasi Birokrasi di Kabupaten Lingga,” pungkasnya.

Kegiatan ini diikuti oleh seluruh perangkat daerah di lingkungan Pemerintah Daerah Kabupaten Lingga dan diharapkan dapat memberikan dampak positif dalam upaya meningkatkan keterpaduan dan efisiensi layanan digital di Kabupaten Lingga. (Wn)

Share.

Leave A Reply