Banjir Di Dabo Singkep Jadi Langganan, Warga Pertanyakan Solusi Pemerintah

Pinterest LinkedIn Tumblr +

LINGGATERKINI.COM – Hujan lebat yang terjadi sejak malam hingga siang mengakibatkan ratusan rumah di wilayah Dabo Singkep terendam oleh air.

Baca Juga : Kapolres Lingga Tinjau Dan Evakuasi Warga Terdampak Banjir

Sehingga mengharuskan warga mengungsi kerumah saudara guna menghindari hal-hal yang tidak di inginkan.

Atas kejadian tersebut membuat sebagian warga merasa kecewa terhadap kinerja pemerintah Kabupaten Lingga yang di nilai gagal mengatasi masalah.

Salah seorang warga Muhammad mengatakan, salah satu penyebab utama banjir yang terjafi di dabo singkep ini karena drainase yang terlalu kecil untuk menampung debit air yang besar akibat hujan deras.

“Walau hujan sebesar apapun, jika drainasenya memadai, air bisa tersedot dengan baik. Namun, drainase yang kecil membuat air melimpah dan membanjiri rumah-rumah warga,” katanya. Senin (20/5/2024).

Baca Juga : Drainase Tak Kunjung Diperbaiki Dinas PUTR Lingga, Rumah Ketua RT 004 Dabo Kembali Banjir

Kekecewaannya terhadap pemerintah tidak hanya terfokus pada penanganan banjir yang terjadi saat ini, tetapi juga terhadap kurangnya solusi jangka panjang.

“Kabupaten Lingga sudah berdiri cukup lama, namun masalah banjir seperti ini belum juga teratasi. Ini Dabo Singkep, hanya kota kecil bukan Jakarta, tetapi sebagai warga kami juga berhak mendapatkan perlindungan dari pemerintah,” ungkapnya.

Muhammad meminta pemerintah daerah untuk segera membenahi drainase yang kecil dan tidak memadai.

“Pemerintah harus fokus dan tidak melakukan penanganan setengah-setengah. Jika staf di dinas terkait tidak mampu menyelesaikan masalah ini, sebaiknya digantikan dengan orang yang lebih kompeten,” tegasnya.

Sementara, ada beberapa warga di Dabo Singkep mencoba bertahan dirumah hingga menunggu banjir tersebut surut.

Peristiwa tersebut juga menjadi perhatian Kapolres Lingga yang turun langsung membantu evakuasi korban banjir. (Wn)

Share.

Leave A Reply